HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA
DI LIHAT DARI NILAI RAPORT SISWA KELAS VII B
SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 SUKAWATI
TAHUN AJARAN
2010/2011
OLEH:
I WAYAN AGUS PUTRAWAN
NIM : 2008.V.I.0093
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN
ALAM (FPMIPA) INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN (IKIP) PGRI BALI
DENPASAR
2011
TUGAS
DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS UJIAN AKHIR SEMESTER
MATA KULIAH METODE STATISTIKA JURUSAN PENDIDIKAN
MATEMATIKA FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA
DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM INSTITUT
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(IKIP) PGRI BALI
MENYETUJUI :
Matematika Bhs. Indonesia
I Nyoman Asa Ni Made Suasthi, S.Pd.Ind
NIP : 1959 12 31 1984 01 1 026 NIP : 1957 12 31 1986b03 2 063
Dosen Mata Kuliah
Metode Statistika
Drs. I Wayan Sudiarsa, M.Stats
NIP : 131 965 036
KATA PENGANTAR
Om Swastyastu
Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan tugas yang berjudul “Hubungan Antara Prestasi Belajar Matematika Dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Di Lihat Dari Nilai Raport Siswa Kelas VII B Semester Ganjil SMP Negeri 2 Sukawati Tahun Ajaran 2010/2011”, yang merupakan salah satu syarat pemenuhan nilai mata pelajaran Metode Statistika di jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FP.MIPA) pada Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Bali.
Tersusunnya tugas ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan berbagai pihak, baik yang bersifat material maupun spiritual. Sehubungan dengan hal tersebut dalam kesempatan ini sudah sewajarnyalah penulis mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada :
- Bapak Drs. I Wayan Sudiarsa, M.Stat, selaku Ketua Jurusan Pendidikan Matematika FP.MIPA IKIP PGRI Bali dan sekaligus sebagai Dosen Mata Kuliah Metode Statistika yang telah banyak memberikan bimbingan dan arahan tentang cara penelitian dan penyusun tugas ini.
- Bapak I Nyoman Asa, selaku Guru Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Sukawati yang telah memberikan penulis data nilai raport siswa dan arahan yang menyangkut tugas ini.
- Ibu Ni Made Suasthi, S.Pd.Ind, selaku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sukawati yang telah memberikan penulis data nilai raport siswa dan arahan yang menyangkut tugas ini.
- Ibu , yang telah membantu penulis dan memberikan motivasi sehingga memperlancar tugas ini.
- Semua pihak yang telah membantu penulis yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatuan dalam penyusunan tugas ini.
Om Shanti, Shanti, Shanti Om
Gianyar, Januari 2010
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
JUDUL……………………………………………………………………………………………. i
LAMPIRAN PERSETUJUAN…………………………………………………………… ii
KATA PENGANTAR………………………………………………………………………. iii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………. v
DAFTAR TABEL…………………………………………………………………………….. vi
DAFTAR GAMBAR………………………………………………………………………… vii
DAFTAR LAMPIRAN…………………………………………………………………….. viii
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………..
BAB II LANDASAN TEORI
BAB III METODELOGI PENELITIAN
BAB IV PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA
BAB V PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
UKURAN DALAM STATISTIKA
Disini penulis menggunakan data kuantitatif yaitu suatu keterangan atau informasi yang berbentuk angka dan bilangan dilapangan, serta cara pengumpulannya menggunakan data skunder yaitu suatu keterangan/informasi yang diperoleh dilapangan biasanya diwakili. Disini penulis mengumpulkan data dari nilai ulangan umum Bahasa Bali dari guru Ni Nyoman Londri, S.Pd yang mengajar di SMP NEGERI 2 Sukawati (Data yang diperoleh dapat dilihat di Lampiran). Sebaran Distribusi Frekwensi datanya setelah dibulatkan tersebar sebagai berikut:
Data Hasil Ulangan Umum di Kelas VIIIA, VIIIB, VIIIE
Mata Pelajaran Bahasa Bali di SMP N 2 Sukawati 2009/2010
|
72
|
72
|
75
|
63
|
65
|
65
|
57
|
52
|
40
|
55
|
60
|
65
|
58
|
56
|
|
62
|
65
|
68
|
67
|
63
|
67
|
55
|
50
|
40
|
73
|
65
|
65
|
57
|
57
|
|
67
|
70
|
67
|
62
|
62
|
47
|
50
|
50
|
52
|
68
|
58
|
68
|
57
|
68
|
|
65
|
73
|
62
|
48
|
63
|
40
|
55
|
55
|
47
|
65
|
67
|
65
|
63
|
68
|
|
77
|
78
|
72
|
60
|
60
|
47
|
47
|
52
|
37
|
73
|
72
|
68
|
57
|
68
|
|
70
|
77
|
80
|
52
|
63
|
52
|
52
|
52
|
50
|
68
|
58
|
63
|
58
|
68
|
|
77
|
83
|
63
|
62
|
65
|
52
|
55
|
47
|
67
|
63
|
62
|
68
|
57
|
|
|
80
|
68
|
57
|
62
|
57
|
55
|
47
|
52
|
72
|
67
|
62
|
68
|
63
|
|
|
72
|
75
|
62
|
60
|
60
|
52
|
57
|
62
|
57
|
73
|
67
|
68
|
56
|
|
|
65
|
75
|
63
|
65
|
82
|
52
|
47
|
57
|
45
|
67
|
67
|
58
|
50
|
|
N = 136
* Banyaknya kelas yang digunakan adalah :
m = 1 + 3,3 Log N
= 1 + 3,3 Log 136
= 1 + 3,3 x 2,1
= 1 + 6,9
= 7,9
m = 8
* Panjang interval didalam kelas adalah:
PI =
=
=
= = 5,75
PI = 6
Tabel 1
PENGELOMPOKAN
SISTEM DISTRIBUSI FREKWENSI
|
No
|
Interval
|
Banyak
|
Frekwensi
|
F. Relatif
|
F. Komulatif
|
||
|
1
|
37 – 42
|
|
4
|
4/136
|
4
|
||
|
2
|
43 – 48
|
|
9
|
9/136
|
13
|
||
|
3
|
49 – 54
|
|
16
|
16/136
|
29
|
||
|
4
|
55 – 60
|
|
29
|
29/136
|
58
|
||
|
5
|
61 – 66
|
|
32
|
32/136
|
90
|
||
|
6
|
67 – 72
|
|
31
|
31/136
|
121
|
||
|
7
|
73 – 78
|
|
11
|
11/136
|
132
|
||
|
8
|
79 – 84
|
|
4
|
4/136
|
136
|
Dari Distribusi Frekwensi diatas maka penulis dapat membuat grafik Histogram, Poligon dan Ogive. Grafik Histogram ialah penyajian data dalam bentuk dua dimensi yaitu mempunyai lebar dan panjang, dimana lebarnya tetap dan panjangnya berubah sesuai dengan perkembangan frekwensi tersebut. Grafik Poligon adalah penyajian data yang merupakan kelanjutan dari grafik histogram yang mengambil titik tengah sebagai titik pusat poligon. Sedangkan grafik Ogive adalah penyajian data yang merupakan kelanjutan dari grafik histogram yang mengambil batas bawah sebagai titik pusat Ogive.
Grafik 1
Keterangan :
= Ogive
= Poligon
UKURAN DALAM STATISTIKA
- 1. Ukuran Rata-Rata
Karena penulis mengambil sampel yang banyak yaitu 136 sampel, maka rumus yang digunakan untuk mencari rata-rata hitung () adalah:
Keterangan :
= Rata-rata hitung
= Batas bawah kelas
= Panjang kelas interval
= Frekwensi ke-i
= Celal nol (diambil bila frekwensi dari sampel tersebut paling banyak terjadi)
Tabel 2
RATA-RATA HITUNG ()
|
No
|
Interval
|
|||
|
1
|
37 – 42
|
4
|
-4
|
-16
|
|
2
|
43 – 48
|
9
|
-3
|
-27
|
|
3
|
49 – 54
|
16
|
-2
|
-32
|
|
4
|
55 – 60
|
29
|
-1
|
-29
|
|
5
|
61 – 66
|
32
|
0
|
0
|
|
6
|
67 – 72
|
31
|
1
|
31
|
|
7
|
73 – 78
|
11
|
2
|
22
|
|
8
|
79 – 84
|
4
|
3
|
12
|
|
|
136
|
|
-39
|
|
= 61 – 1,72
= 59,28
- 2. Modus (Mo)
Mo = b + p
Keterangan :
Mo = Modus
b = Batas bawah kelas modus
p = Panjang kelas interval
= Frekwensi kelas modus di kurangi frekwensi kelas terdekat sebelumnya
= Frekwensi kelas modus di kurangi frekwensi kelas terdekat sesudahnya
Tabel 3
MODUS (Mo)
|
No
|
Interval
|
|||
|
1
|
37 – 42
|
4
|
-4
|
-16
|
|
2
|
43 – 48
|
9
|
-3
|
-27
|
|
3
|
49 – 54
|
16
|
-2
|
-32
|
|
4
|
55 – 60
|
29
|
-1
|
-29
|
|
5
|
61 – 66
|
32
|
0
|
0
|
|
6
|
67 – 72
|
31
|
1
|
31
|
|
7
|
73 – 78
|
11
|
2
|
22
|
|
8
|
79 – 84
|
4
|
3
|
12
|
|
|
136
|
|
-39
|
|
Mo = b + p
= 61+ 6
= 61 +
= 65
= 65,5
- 3. Median (Me)
Me =
Keterangan :
Me = Median
= Batas bawah kelas median
= Jumlah Sampel
= Jumlah frekwensi sebelum kelas median
= Panjang kelas
= frekwensi ke i
Tabel 4
MEDIAN (Me)
|
No
|
Interval
|
F. Komulatif
|
|
|
1
|
37 – 42
|
4
|
4
|
|
2
|
43 – 48
|
9
|
13
|
|
3
|
49 – 54
|
16
|
29
|
|
4
|
55 – 60
|
29
|
58
|
|
5
|
61 – 66
|
32
|
90
|
|
6
|
67 – 72
|
31
|
121
|
|
7
|
73 – 78
|
11
|
132
|
|
8
|
79 – 84
|
4
|
136
|
|
|
136
|
|
|
= = 68
= 61
= 6
= 58
= 32
Me =
= 61 + 6
= 61 +
= 62,875
- 4. Kuarltil (Ki)
Tabel 5
KUARTIL (Ki)
|
No
|
Interval
|
F. Komulatif
|
|
|
1
|
37 – 42
|
4
|
4
|
|
2
|
43 – 48
|
9
|
13
|
|
3
|
49 – 54
|
16
|
29
|
|
4
|
55 – 60
|
29
|
58
|
|
5
|
61 – 66
|
32
|
90
|
|
6
|
67 – 72
|
31
|
121
|
|
7
|
73 – 78
|
11
|
132
|
|
8
|
79 – 84
|
4
|
136
|
|
|
136
|
|
|
Karena penulis mengambil sampel yang banyak yaitu 136, maka rumus yang digunakan untuk mencari Kuartil (Ki) adalah:
Ki =
Keterangan :
Ki = Kuartil
= Batas bawah kelas kuartil
= Jumlah Sampel
= Jumlah frekwensi sebelum kelas kuartil
= Panjang kelas
= frekwensi ke i
Letak : K1 =
= 34
Nilai : K1 =
= 55 +
= 56,03
- 5. Desil (Di)
Di =
Keterangan :
Di = Desil
= Batas bawah kelas desil
= Jumlah Sampel
= Jumlah frekwensi sebelum kelas desil
= Panjang kelas
= frekwensi ke i
Tabel 6
DESIL (Di)
|
No
|
Interval
|
F. Komulatif
|
|
|
1
|
37 – 42
|
4
|
4
|
|
2
|
43 – 48
|
9
|
13
|
|
3
|
49 – 54
|
16
|
29
|
|
4
|
55 – 60
|
29
|
58
|
|
5
|
61 – 66
|
32
|
90
|
|
6
|
67 – 72
|
31
|
121
|
|
7
|
73 – 78
|
11
|
132
|
|
8
|
79 – 84
|
4
|
136
|
|
|
136
|
|
|
Letak : D5 = = 68
Nilai : D5 = 61
= 61 +
= 62,87
- 6. Persentil (Pi)
Pi =
Keterangan :
Pi = Persentil
= Batas bawah kelas persentil
= Jumlah Sampel
= Jumlah frekwensi sebelum kelas persentil
= Panjang kelas
= frekwensi ke i
Tabel 7
Persentil (Pi)
|
No
|
Interval
|
F. Komulatif
|
|
|
1
|
37 – 42
|
4
|
4
|
|
2
|
43 – 48
|
9
|
13
|
|
3
|
49 – 54
|
16
|
29
|
|
4
|
55 – 60
|
29
|
58
|
|
5
|
61 – 66
|
32
|
90
|
|
6
|
67 – 72
|
31
|
121
|
|
7
|
73 – 78
|
11
|
132
|
|
8
|
79 – 84
|
4
|
136
|
|
|
136
|
|
|
Letak : P75 =
= 102
Nilai : P75 = 67
= 67 + 2,32
= 69,32
- 7. STANDAR DEVIASI (Sd)
atau atau Sd
Keterangan :
Sd = Standar Deviasi
= Jumlah Sampel
= Panjang kelas
= frekwensi ke i
= Kelas nol
Tabel 8
STANDAR DEVIASI (Sd)
|
No
|
Interval
|
||||
|
1
|
37 – 42
|
4
|
-4
|
-16
|
64
|
|
2
|
43 – 48
|
9
|
-3
|
-27
|
81
|
|
3
|
49 – 54
|
16
|
-2
|
-32
|
64
|
|
4
|
55 – 60
|
29
|
-1
|
-29
|
29
|
|
5
|
61 – 66
|
32
|
0
|
0
|
0
|
|
6
|
67 – 72
|
31
|
1
|
31
|
31
|
|
7
|
73 – 78
|
11
|
2
|
22
|
44
|
|
8
|
79 – 84
|
4
|
3
|
12
|
36
|
|
|
136
|
|
-39
|
349
|
|
Diantara ketiga cara diatas penulis menggunakan rumus:
- Daftar Nama Siswa SMP Negeri 2 Sukawati Siswa Kelas VII B Tahun Ajaran 2010/2011 yang dijadikan sampel
|
NO
|
NAMA SISWA
|
JENIS
|
NILAI
|
||
|
KELAMIN
|
RAPORT
|
||||
|
P
|
L
|
Mate
matika
|
Bhs. Indo.
|
||
|
1
|
ADHI KESUMAARTHA I KOMANG |
|
L
|
65
|
70
|
|
2
|
ADHIKARA NUGRAHA I MADE |
|
L
|
65
|
70
|
|
3
|
ADI GUNAWAN I PUTU |
|
L
|
65
|
73
|
|
4
|
ADI KRISNA I KADEK |
|
L
|
65
|
71
|
|
5
|
AGUS ANDI DHARMA PUTU |
|
L
|
71
|
72
|
|
6
|
AGUS WAHYUDI WAYAN |
|
L
|
65
|
70
|
|
7
|
ANGGA DARMADI I NYOMAN |
|
L
|
65
|
75
|
|
8
|
ARI SINTYA DEWI NI MADE |
P
|
|
69
|
75
|
|
9
|
ARI TRISNAWATI NI KADEK |
P
|
|
71
|
83
|
|
10
|
ARIS DITAYANA I WAYAN |
|
L
|
65
|
78
|
|
11
|
AYU MEIANTARI NI KOMANG |
P
|
|
67
|
75
|
|
12
|
SEMPAKA TRISNA P. TJOK ISTRI |
P
|
|
65
|
73
|
|
13
|
DIDIT SAPTA NUGRAHA NYMN. |
|
L
|
77
|
72
|
|
14
|
DINA KRISTINA NI KADEK |
P
|
|
65
|
70
|
|
15
|
EGAR ARISTYA I PUTU |
|
L
|
65
|
74
|
|
16
|
EKA PRATIWI NI WAYAN |
P
|
|
65
|
75
|
|
17
|
ELEN TISNA YANA I MADE |
|
L
|
65
|
70
|
|
18
|
FERY ARIANTO I GEDE |
|
L
|
65
|
75
|
|
19
|
JAYA MAHENDRA I PUTU PANDE |
|
L
|
65
|
70
|
|
20
|
KHASYA WIDYA WIBAWA I MD. |
|
L
|
65
|
70
|
|
21
|
KURNIA DEWI NI KETUT |
P
|
|
65
|
73
|
|
22
|
MARDHIANA I GEDE ANGGA |
|
L
|
65
|
70
|
|
23
|
MARDIANA I WAYAN |
|
L
|
65
|
70
|
|
24
|
MIADI EKA PUTRA I WAYAN |
|
L
|
80
|
80
|
|
25
|
MIARTANA I WAYAN |
|
L
|
70
|
70
|
|
26
|
MIRAH AMBARAWATI A. A. ISTRI |
P
|
|
74
|
76
|
|
27
|
NILAWATI NI KADE |
P
|
|
65
|
70
|
|
28
|
NONIK KRISTINA PUTRI NI WYN |
P
|
|
65
|
72
|
|
29
|
PRIYANTI KADEK |
P
|
|
69
|
75
|
|
30
|
PUSPA YOGA I GEDE AGUS |
|
L
|
67
|
73
|
|
31
|
RIFANI MEILADEWI EKA WAHYU |
P
|
|
65
|
74
|
|
32
|
SANIASIH NI WAYAN |
P
|
|
65
|
73
|
|
33
|
SAPUTRA DEDI |
|
L
|
65
|
70
|
|
34
|
SRI WAHYUNI NI KADEK |
P
|
|
65
|
73
|
|
35
|
SUARI MANIK NI LUH PUTU |
P
|
|
67
|
76
|
|
36
|
SUTIK APRILIANI NI WAYAN |
P
|
|
75
|
70
|
|
37
|
TINON DIANA SURYA I MADE |
|
L
|
74
|
76
|
|
38
|
WAHYU WEDANTA P. I PT. |
|
L
|
77
|
74
|
|
39
|
WAYOMA PRAMARTA PUTU |
|
L
|
65
|
70
|
|
40
|
WIDIANTARA I KADEK |
|
L
|
65
|
70
|
|
41
|
WIJAYA PAMUNGKAS DEWA |
|
L
|
65
|
72
|
|
42
|
WIRANTI NI KOMANG |
P
|
|
65
|
72
|
|
43
|
YOGA DIRGAYUSA I GEDE |
|
L
|
68
|
70
|
|
44
|
YONI PRATIWI NI LUH |
P
|
|
66
|
70
|
|
45
|
YUDI ARMAWAN I KOMANG |
|
L
|
68
|
79
|
|
46
|
YUDI RADITYA I MADE |
|
L
|
74
|
75
|
|
47
|
YULIARI NI GUSTI MADE |
P
|
|
70
|
76
|
|
|
|
|
|||
|
|
JUMLAH |
19
|
28
|
3174
|
3430
|
Table matematika
|
No
|
Xi
|
Fi
|
Xi Fi
|
||
|
1
|
65
|
28
|
1820
|
-2.53
|
6.41
|
|
2
|
66
|
1
|
66
|
-1.53
|
2.35
|
|
3
|
67
|
3
|
201
|
-0.53
|
0.28
|
|
4
|
68
|
2
|
136
|
0.47
|
0.22
|
|
5
|
69
|
2
|
138
|
1.47
|
2.16
|
|
6
|
70
|
2
|
140
|
2.47
|
6.09
|
|
7
|
71
|
2
|
142
|
3.47
|
12.03
|
|
8
|
74
|
3
|
222
|
6.47
|
41.84
|
|
9
|
75
|
1
|
75
|
7.47
|
55.77
|
|
10
|
77
|
2
|
154
|
9.47
|
89.64
|
|
11
|
80
|
1
|
80
|
12.47
|
155.45
|
|
Jumlah
|
47
|
3174
|
|
372.24
|
|
= 67.53
SD =
SD =
SD = 2.81
Table Bahasa Indonesia
|
No
|
Xi
|
Fi
|
Xi Fi
|
||
|
1
|
70
|
17
|
1190
|
-2.98
|
8.87
|
|
2
|
71
|
1
|
71
|
-1.98
|
3.92
|
|
3
|
72
|
5
|
360
|
-0.98
|
0.96
|
|
4
|
73
|
6
|
438
|
0.02
|
0.00
|
|
5
|
74
|
3
|
222
|
1.02
|
1.04
|
|
6
|
75
|
7
|
525
|
2.02
|
4.09
|
|
7
|
76
|
4
|
304
|
3.02
|
9.13
|
|
8
|
78
|
1
|
78
|
5.02
|
25.21
|
|
9
|
79
|
1
|
79
|
6.02
|
36.26
|
|
10
|
80
|
1
|
80
|
7.02
|
49.30
|
|
11
|
83
|
1
|
83
|
10.02
|
100.43
|
|
Jumlah
|
47
|
3430
|
28.23
|
239.20
|
|
= 72.98
SD =
=
Sd = 2.27
Ha= ada pengaruh prestasi belajar matematika terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia
Ho = tidak ada pengaruh prestasi belajar matematika terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia
Z =
=
=
=
=
=
= -10,336
Keputusan: menerima Ha menolak Ho
Kesimpulan: Ada pengaruh antara prestasi belajar matematika terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia
|
Matematika (x)
|
Bhs. Indo. (y)
|
x2 | x.y | |
|
65
|
70
|
4225
|
4550
|
|
|
65
|
70
|
4225
|
4550
|
|
|
65
|
73
|
4225
|
4745
|
|
|
65
|
71
|
4225
|
4615
|
|
|
71
|
72
|
5041
|
5112
|
|
|
65
|
70
|
4225
|
4550
|
|
|
65
|
75
|
4225
|
4875
|
|
|
69
|
75
|
4761
|
5175
|
|
|
71
|
83
|
5041
|
5893
|
|
|
65
|
78
|
4225
|
5070
|
|
|
67
|
75
|
4489
|
5025
|
|
|
65
|
73
|
4225
|
4745
|
|
|
77
|
72
|
5929
|
5544
|
|
|
65
|
70
|
4225
|
4550
|
|
|
65
|
74
|
4225
|
4810
|
|
|
65
|
75
|
4225
|
4875
|
|
|
65
|
70
|
4225
|
4550
|
|
|
65
|
75
|
4225
|
4875
|
|
|
65
|
70
|
4225
|
4550
|
|
|
65
|
70
|
4225
|
4550
|
|
|
65
|
73
|
4225
|
4745
|
|
|
65
|
70
|
4225
|
4550
|
|
|
65
|
70
|
4225
|
4550
|
|
|
80
|
80
|
6400
|
6400
|
|
|
70
|
70
|
4900
|
4900
|
|
|
74
|
76
|
5476
|
5624
|
|
|
65
|
70
|
4225
|
4550
|
|
|
65
|
72
|
4225
|
4680
|
|
|
69
|
75
|
4761
|
5175
|
|
|
67
|
73
|
4489
|
4891
|
|
|
65
|
74
|
4225
|
4810
|
|
|
65
|
73
|
4225
|
4745
|
|
|
65
|
70
|
4225
|
4550
|
|
|
65
|
73
|
4225
|
4745
|
|
|
67
|
76
|
4489
|
5092
|
|
|
75
|
70
|
5625
|
5250
|
|
|
74
|
76
|
5476
|
5624
|
|
|
77
|
74
|
5929
|
5698
|
|
|
65
|
70
|
4225
|
4550
|
|
|
65
|
70
|
4225
|
4550
|
|
|
65
|
72
|
4225
|
4680
|
|
|
65
|
72
|
4225
|
4680
|
|
|
68
|
70
|
4624
|
4760
|
|
|
66
|
70
|
4356
|
4620
|
|
|
68
|
79
|
4624
|
5372
|
|
|
74
|
75
|
5476
|
5550
|
|
|
70
|
76
|
4900
|
5320
|
|
|
3174
|
3430
|
215086
|
231870
|
|
|
|
Pers 1.
a 215086 + b 3430 – 231870 = 0
215086a + 3430b = 231870
Pers 2.
a 3174 + b 47 – 3430 = 0
3174a + 47b = 3430
215086a + 3430b = 231870 x 47
3174a + 47b = 3430 x 3430
10109042a + 161210b = 10897890
10886820a + 161210b = 11764900
-777778 a = -867010
a = 1,115
3174a + 47b = 3430
3174(1,115) + 47b = 3430
3539,01 + 47b = 3430
47b = 3430 – 3539,01
47b = -109,01
b = -2,319
y = ax+b
= 1,115 x + (-2,319)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar