Kamis, 24 Mei 2012

HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI LIHAT DARI NILAI RAPORT SISWA KELAS VII B SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 SUKAWATI TAHUN AJARAN 2010/2011

HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA
DI LIHAT DARI NILAI RAPORT SISWA KELAS VII B
SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 SUKAWATI
TAHUN AJARAN
2010/2011


                                                                                                           









           










OLEH:
I WAYAN AGUS PUTRAWAN
                                                 NIM : 2008.V.I.0093                   



                                                                            



JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN
ALAM (FPMIPA) INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN (IKIP) PGRI BALI
DENPASAR
2011
TUGAS
DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS UJIAN AKHIR SEMESTER
MATA KULIAH METODE STATISTIKA JURUSAN PENDIDIKAN
MATEMATIKA FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA
DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM INSTITUT
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(IKIP) PGRI BALI






MENYETUJUI :

      Guru Mata Pelajaran                                            Guru Mata Pelajaran
              Matematika                                                          Bhs. Indonesia




            I Nyoman Asa                                              Ni Made Suasthi, S.Pd.Ind
NIP : 1959 12 31 1984 01 1 026                          NIP : 1957 12 31 1986b03 2 063



Dosen Mata Kuliah
Metode Statistika




Drs. I Wayan Sudiarsa, M.Stats
NIP : 131 965 036
KATA PENGANTAR

Om Swastyastu
Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan tugas yang berjudul “Hubungan Antara Prestasi Belajar Matematika Dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Di Lihat Dari Nilai Raport Siswa Kelas VII B Semester Ganjil SMP Negeri 2 Sukawati Tahun Ajaran 2010/2011”, yang merupakan salah satu syarat pemenuhan nilai mata pelajaran Metode Statistika di jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FP.MIPA) pada Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Bali.
Tersusunnya tugas ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan berbagai pihak, baik yang bersifat material maupun spiritual. Sehubungan dengan hal tersebut dalam kesempatan ini sudah sewajarnyalah penulis mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada :
  1. Bapak Drs. I Wayan Sudiarsa, M.Stat, selaku Ketua Jurusan Pendidikan Matematika FP.MIPA IKIP PGRI Bali dan sekaligus sebagai Dosen Mata Kuliah Metode Statistika yang telah banyak memberikan bimbingan dan arahan tentang cara penelitian dan penyusun tugas ini.
  2. Bapak I Nyoman Asa, selaku Guru Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Sukawati yang telah memberikan penulis data nilai raport siswa dan arahan yang menyangkut tugas ini.
  3. Ibu Ni Made Suasthi, S.Pd.Ind, selaku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sukawati yang telah memberikan penulis data nilai raport siswa dan arahan yang menyangkut tugas ini.
  4. Ibu , yang telah membantu penulis dan memberikan motivasi sehingga memperlancar tugas ini.
  5. Semua pihak yang telah membantu penulis yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatuan dalam penyusunan tugas ini.
Disadari bahwa tugas ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari berbagai pihak sangat diharapkan guna penyempurnaan tugas ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan rahmat-Nya sebagai balas jasa dari bantuan yang telah diberikan kepada penulis dan akhir kata semoga tugas ini ada manfaatnya bagi kemajuan pembelajaran matematika dan sebagai acuan tugas-tugas ataupun penyusunan skripsi nantinya.
Om Shanti, Shanti, Shanti Om

Gianyar,     Januari 2010

Penulis

DAFTAR ISI

Halaman
JUDUL…………………………………………………………………………………………….            i
LAMPIRAN PERSETUJUAN……………………………………………………………           ii
KATA PENGANTAR……………………………………………………………………….          iii
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………….           v
DAFTAR TABEL……………………………………………………………………………..          vi
DAFTAR GAMBAR…………………………………………………………………………         vii
DAFTAR LAMPIRAN……………………………………………………………………..        viii
BAB I      PENDAHULUAN……………………………………………………………..
BAB II    LANDASAN TEORI
BAB III   METODELOGI PENELITIAN
BAB IV   PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA
BAB V    PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

UKURAN DALAM STATISTIKA

Disini penulis menggunakan data kuantitatif yaitu suatu keterangan atau informasi yang berbentuk angka dan bilangan dilapangan, serta cara pengumpulannya menggunakan data skunder yaitu suatu keterangan/informasi yang diperoleh dilapangan biasanya diwakili. Disini penulis mengumpulkan data dari nilai ulangan umum Bahasa Bali dari guru Ni Nyoman Londri, S.Pd yang mengajar di SMP NEGERI 2 Sukawati (Data yang diperoleh dapat dilihat di Lampiran). Sebaran Distribusi Frekwensi datanya setelah dibulatkan tersebar sebagai berikut:
Data Hasil Ulangan Umum di Kelas VIIIA, VIIIB, VIIIE
Mata Pelajaran Bahasa Bali di SMP N 2 Sukawati 2009/2010

72
72
75
63
65
65
57
52
40
55
60
65
58
56
62
65
68
67
63
67
55
50
40
73
65
65
57
57
67
70
67
62
62
47
50
50
52
68
58
68
57
68
65
73
62
48
63
40
55
55
47
65
67
65
63
68
77
78
72
60
60
47
47
52
37
73
72
68
57
68
70
77
80
52
63
52
52
52
50
68
58
63
58
68
77
83
63
62
65
52
55
47
67
63
62
68
57
80
68
57
62
57
55
47
52
72
67
62
68
63
72
75
62
60
60
52
57
62
57
73
67
68
56
65
75
63
65
82
52
47
57
45
67
67
58
50

N = 136

* Banyaknya kelas yang digunakan adalah :
m  = 1 + 3,3 Log N
= 1 + 3,3 Log 136
= 1 + 3,3 x 2,1
= 1 + 6,9
= 7,9
m  = 8

* Panjang interval didalam kelas adalah:
PI =
=
=
= = 5,75
PI = 6
Tabel 1
PENGELOMPOKAN
SISTEM DISTRIBUSI FREKWENSI

No
Interval
Banyak
Frekwensi
F. Relatif
F. Komulatif
1
37 – 42
IIII
4
4/136
4
2
43 – 48
IIII
9
9/136
13
3
49 – 54
I
16
16/136
29
4
55 – 60
IIII
29
29/136
58
5
61 – 66
II
32
32/136
90
6
67 – 72
I
31
31/136
121
7
73 – 78
I
11
11/136
132
8
79 – 84
IIII
4
4/136
136

Dari Distribusi Frekwensi diatas maka penulis dapat membuat grafik Histogram, Poligon dan Ogive. Grafik Histogram ialah penyajian data dalam bentuk dua dimensi yaitu mempunyai lebar dan panjang, dimana lebarnya tetap dan panjangnya berubah sesuai dengan perkembangan frekwensi tersebut. Grafik Poligon adalah penyajian data yang merupakan kelanjutan dari grafik histogram yang mengambil titik tengah sebagai titik pusat poligon. Sedangkan grafik Ogive adalah penyajian data yang merupakan kelanjutan dari grafik histogram yang mengambil batas bawah  sebagai titik pusat Ogive.
Grafik 1

Keterangan :
= Ogive





= Poligon






UKURAN DALAM STATISTIKA

  1. 1.    Ukuran Rata-Rata
1.1  Rata-Rata Hitung ()
Karena penulis mengambil sampel yang banyak yaitu 136 sampel, maka rumus yang digunakan untuk mencari rata-rata hitung () adalah:



Keterangan :
= Rata-rata hitung
= Batas bawah kelas
= Panjang kelas interval
= Frekwensi ke-i
= Celal nol (diambil bila frekwensi dari sampel tersebut paling banyak terjadi)

Tabel 2
RATA-RATA HITUNG ()
No
Interval



1
37 – 42
4
-4
-16
2
43 – 48
9
-3
-27
3
49 – 54
16
-2
-32
4
55 – 60
29
-1
-29
5
61 – 66
32
0
0
6
67 – 72
31
1
31
7
73 – 78
11
2
22
8
79 – 84
4
3
12
136
-39


= 61 – 1,72
= 59,28

  1. 2.      Modus (Mo)
Karena penulis mengambil sampel yang banyak yaitu 136, maka rumus yang digunakan untuk mencari Modus (Mo) adalah:
Mo = b + p
Keterangan :
Mo  =   Modus
b     =   Batas bawah kelas modus
p     =   Panjang kelas interval
= Frekwensi kelas modus di kurangi frekwensi kelas terdekat sebelumnya
= Frekwensi kelas modus di kurangi frekwensi kelas terdekat sesudahnya
Tabel 3
MODUS (Mo)

No
Interval



1
37 – 42
4
-4
-16
2
43 – 48
9
-3
-27
3
49 – 54
16
-2
-32
4
55 – 60
29
-1
-29
5
61 – 66
32
0
0
6
67 – 72
31
1
31
7
73 – 78
11
2
22
8
79 – 84
4
3
12
136
-39

Mo = b + p
= 61+ 6
= 61 +
= 65
= 65,5

  1. 3.        Median (Me)
Karena penulis mengambil sampel yang banyak yaitu 136, maka rumus yang digunakan untuk mencari Median (Me) adalah:
Me =
Keterangan :
Me  =   Median
=   Batas bawah kelas median
=   Jumlah Sampel
=   Jumlah frekwensi sebelum kelas median
=   Panjang kelas
=   frekwensi ke i

Tabel 4
MEDIAN (Me)
No
Interval

F. Komulatif
1
37 – 42
4
4
2
43 – 48
9
13
3
49 – 54
16
29
4
55 – 60
29
58
5
61 – 66
32
90
6
67 – 72
31
121
7
73 – 78
11
132
8
79 – 84
4
136
136



=  = 68
= 61
= 6
= 58
= 32
Me    =
= 61 + 6
= 61 +
= 62,875
  1. 4.      Kuarltil (Ki)
Tabel 5
KUARTIL (Ki)

No
Interval

F. Komulatif
1
37 – 42
4
4
2
43 – 48
9
13
3
49 – 54
16
29
4
55 – 60
29
58
5
61 – 66
32
90
6
67 – 72
31
121
7
73 – 78
11
132
8
79 – 84
4
136
136

Karena penulis mengambil sampel yang banyak yaitu 136, maka rumus yang digunakan untuk mencari Kuartil (Ki) adalah:
Ki =

Keterangan :
Ki   =   Kuartil
=   Batas bawah kelas kuartil
=   Jumlah Sampel
=   Jumlah frekwensi sebelum kelas kuartil
=   Panjang kelas
=   frekwensi ke i

Letak : K1 =
= 34
Nilai  : K1 =
= 55 +
= 56,03

  1. 5.      Desil (Di)
Karena penulis mengambil sampel yang besar yaitu 136, maka rumus yang digunakan untuk mencari Desil (Di) adalah
Di =



Keterangan :
Di   =   Desil
=   Batas bawah kelas desil
=   Jumlah Sampel
=   Jumlah frekwensi sebelum kelas desil
=   Panjang kelas
=   frekwensi ke i
Tabel 6
DESIL (Di)

No
Interval

F. Komulatif
1
37 – 42
4
4
2
43 – 48
9
13
3
49 – 54
16
29
4
55 – 60
29
58
5
61 – 66
32
90
6
67 – 72
31
121
7
73 – 78
11
132
8
79 – 84
4
136
136

Letak : D5 =  = 68
Nilai  : D5 = 61
= 61 +
 = 62,87
  1. 6.      Persentil (Pi)
Karena penulis mengambil sampel yang besar yaitu 136, maka rumus yang digunakan untuk mencari Persentil (Pi) adalah
Pi =

Keterangan :
Pi    =   Persentil
=   Batas bawah kelas persentil
=   Jumlah Sampel
=   Jumlah frekwensi sebelum kelas persentil
=   Panjang kelas
=   frekwensi ke i

Tabel 7
Persentil (Pi)

No
Interval

F. Komulatif
1
37 – 42
4
4
2
43 – 48
9
13
3
49 – 54
16
29
4
55 – 60
29
58
5
61 – 66
32
90
6
67 – 72
31
121
7
73 – 78
11
132
8
79 – 84
4
136
136

Letak : P75 =
= 102
Nilai  : P75 = 67
= 67 + 2,32
  = 69,32

  1. 7.      STANDAR DEVIASI (Sd)
Untuk mencari standar deviasi, ada beberapa rumus yang bisa digunakan yaitu:
atau   atau Sd
Keterangan :
Sd   =   Standar Deviasi
=   Jumlah Sampel
=   Panjang kelas
=   frekwensi ke i
=   Kelas nol

Tabel 8
STANDAR DEVIASI (Sd)
No
Interval




1
37 – 42
4
-4
-16
64
2
43 – 48
9
-3
-27
81
3
49 – 54
16
-2
-32
64
4
55 – 60
29
-1
-29
29
5
61 – 66
32
0
0
0
6
67 – 72
31
1
31
31
7
73 – 78
11
2
22
44
8
79 – 84
4
3
12
36
136
-39
349

Diantara ketiga cara diatas penulis menggunakan rumus:









  1. Daftar Nama Siswa SMP Negeri 2 Sukawati Siswa Kelas VII B Tahun Ajaran 2010/2011 yang dijadikan sampel
NO
NAMA SISWA
JENIS
NILAI
KELAMIN
 RAPORT
P
L
Mate
matika
Bhs. Indo.
1
ADHI KESUMAARTHA I KOMANG
L
65
70
2
ADHIKARA NUGRAHA I MADE
L
65
70
3
ADI GUNAWAN I PUTU
L
65
73
4
ADI KRISNA I KADEK
L
65
71
5
AGUS ANDI DHARMA PUTU
L
71
72
6
AGUS WAHYUDI WAYAN
L
65
70
7
ANGGA DARMADI I NYOMAN
L
65
75
8
ARI SINTYA DEWI NI MADE
P
69
75
9
ARI TRISNAWATI NI KADEK
P
71
83
10
ARIS DITAYANA I WAYAN
L
65
78
11
AYU MEIANTARI NI KOMANG
P
67
75
12
SEMPAKA TRISNA P. TJOK ISTRI
P
65
73
13
DIDIT SAPTA NUGRAHA NYMN.
L
77
72
14
DINA KRISTINA NI KADEK
P
65
70
15
EGAR ARISTYA I PUTU
L
65
74
16
EKA PRATIWI NI WAYAN
P
65
75
17
ELEN TISNA YANA I MADE
L
65
70
18
FERY ARIANTO I GEDE
L
65
75
19
JAYA MAHENDRA I PUTU PANDE
L
65
70
20
KHASYA WIDYA WIBAWA I MD.
L
65
70
21
KURNIA DEWI NI KETUT
P
65
73
22
MARDHIANA I GEDE ANGGA
L
65
70
23
MARDIANA I WAYAN
L
65
70
24
MIADI EKA PUTRA I WAYAN
L
80
80
25
MIARTANA I WAYAN
L
70
70
26
MIRAH AMBARAWATI A. A. ISTRI
P
74
76
27
NILAWATI NI KADE
P
65
70
28
NONIK KRISTINA PUTRI NI WYN
P
65
72
29
PRIYANTI KADEK
P
69
75
30
PUSPA YOGA I GEDE AGUS
L
67
73
31
RIFANI MEILADEWI EKA WAHYU
P
65
74
32
SANIASIH NI WAYAN
P
65
73
33
SAPUTRA DEDI
L
65
70
34
SRI WAHYUNI NI KADEK
P
65
73
35
SUARI MANIK NI LUH PUTU
P
67
76
36
SUTIK APRILIANI NI WAYAN
P
75
70
37
TINON DIANA SURYA I MADE
L
74
76
38
WAHYU WEDANTA P. I PT.
L
77
74
39
WAYOMA PRAMARTA PUTU
L
65
70
40
WIDIANTARA I KADEK
L
65
70
41
WIJAYA PAMUNGKAS DEWA
L
65
72
42
WIRANTI NI KOMANG
P
65
72
43
YOGA DIRGAYUSA I GEDE
L
68
70
44
YONI PRATIWI NI LUH
P
66
70
45
YUDI ARMAWAN I KOMANG
L
68
79
46
YUDI RADITYA I MADE
L
74
75
47
YULIARI NI GUSTI MADE
P
70
76
 
   
JUMLAH
19
28
3174
3430

Table matematika
No
Xi
Fi
Xi  Fi


1
65
28
1820
-2.53
6.41
2
66
1
66
-1.53
2.35
3
67
3
201
-0.53
0.28
4
68
2
136
0.47
0.22
5
69
2
138
1.47
2.16
6
70
2
140
2.47
6.09
7
71
2
142
3.47
12.03
8
74
3
222
6.47
41.84
9
75
1
75
7.47
55.77
10
77
2
154
9.47
89.64
11
80
1
80
12.47
155.45
Jumlah
47
3174
372.24



 = 67.53
SD =
SD =
SD = 2.81


Table Bahasa Indonesia
No
Xi
Fi
Xi  Fi


1
70
17
1190
-2.98
8.87
2
71
1
71
-1.98
3.92
3
72
5
360
-0.98
0.96
4
73
6
438
0.02
0.00
5
74
3
222
1.02
1.04
6
75
7
525
2.02
4.09
7
76
4
304
3.02
9.13
8
78
1
78
5.02
25.21
9
79
1
79
6.02
36.26
10
80
1
80
7.02
49.30
11
83
1
83
10.02
100.43
Jumlah
47
3430
28.23
239.20



 = 72.98                                      
SD =
     =
Sd = 2.27
Ha= ada pengaruh prestasi belajar matematika terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia
Ho = tidak ada pengaruh prestasi belajar matematika terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia
Z =

=
=
=
=
=
= -10,336
Keputusan: menerima Ha menolak Ho
Kesimpulan: Ada pengaruh antara prestasi belajar matematika terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia



Matematika (x)
Bhs. Indo. (y)
x2 x.y

65
70
4225
4550

65
70
4225
4550

65
73
4225
4745

65
71
4225
4615

71
72
5041
5112

65
70
4225
4550

65
75
4225
4875

69
75
4761
5175

71
83
5041
5893

65
78
4225
5070

67
75
4489
5025

65
73
4225
4745

77
72
5929
5544

65
70
4225
4550

65
74
4225
4810

65
75
4225
4875

65
70
4225
4550

65
75
4225
4875

65
70
4225
4550

65
70
4225
4550

65
73
4225
4745

65
70
4225
4550

65
70
4225
4550

80
80
6400
6400

70
70
4900
4900

74
76
5476
5624

65
70
4225
4550

65
72
4225
4680

69
75
4761
5175

67
73
4489
4891

65
74
4225
4810

65
73
4225
4745

65
70
4225
4550

65
73
4225
4745

67
76
4489
5092

75
70
5625
5250

74
76
5476
5624

77
74
5929
5698

65
70
4225
4550

65
70
4225
4550

65
72
4225
4680

65
72
4225
4680

68
70
4624
4760

66
70
4356
4620

68
79
4624
5372

74
75
5476
5550

70
76
4900
5320

   


3174
3430
215086
231870
   



Pers 1.
a 215086 + b 3430 – 231870 = 0
215086a + 3430b = 231870
Pers 2.
a 3174 + b 47 – 3430 = 0
3174a + 47b = 3430

215086a + 3430b = 231870             x 47
3174a + 47b = 3430                         x 3430

10109042a + 161210b = 10897890
10886820a + 161210b = 11764900
-777778 a   = -867010
a = 1,115

3174a + 47b = 3430
3174(1,115) + 47b = 3430
3539,01 + 47b = 3430
47b = 3430 – 3539,01
47b = -109,01
b = -2,319

y = ax+b
= 1,115 x + (-2,319)












Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar