Rabu, 06 Juni 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Bahasa Bali


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                  : SMA
Mata Pelajaran                        : Bahasa Bali
Kelas / Semester                      :  XI/2
Alokasi Waktu                        :  2 x 45 menit
Standar Kompetensi               : Kemampuan membaca, melagukan, dan mewiramakan berbagai  karya sastra Bali Klasik, Kawi, Jawa Kuna, dan Modern
Kompetensi Dasar                   : Membaca dan melagukan tembang pupuh Ginada
Indikator                                  : 1.  Mampu menemukan pola pupuh Ginada
                                                   2. Mampu menirukan dan melagukan tembang pupuh Ginada
I. Tujuan Pembelajara 
1.      Siswa mampu menemukan pola pupuh Ginada
2.      Siswa mampu melagukan tembang pupuh Ginada
II. PBKB(Pendidikan Budaya Karakter Bangsa)
1.      Disiplin
2.      Kreatif
3.      Religius                 
III. Materi Pembelajaran
1.      Pengertian pupuh
Pupuh/macepat inggih punika silih sinunggil tembang sane kawacen nganggen suara utawi vocal manusa sane madue melodi saha uger-eger sane sampun katentuang. Uger –uger punika wenten mawasta padalingsa, guru wilang, saha guru ding-dong. Pada lingsa inggih punika akehnyane baris ring siki bait pupuh, guru wilang inggih punika akehnyane suku kata ring tiap baris pupuh, lan guru ding dong inggih punika huruf vocal sane wenten ring  suku kata pinih ungkur tiap baris pupuh. 
2.      Wastan Pupuh
Wenten dasa (10) wastan pupuh.
1.      Pupuh Maskumambang
2.      Pupuh Mijil
3.      Pupuh Pucung
4.      Pupuh Ginanti
5.      Pupuh Ginada
6.      Pupuh Durma
7.      Pupuh Semarandana
8.      Pupuh Pangkur
9.      Pupuh Sinom
10.  Pupuh Dangdang

3.      Tata cara ngrereh pola pupuh
1.      Nentuang  pada lingsa (akehnyane baris ring siki bait pupuh)
2.      Nentuang guru wilang (akehnyane suku kata ring  tiap baris pupuh)
3.      Nentuang guru ding dong (huruf vocal sane wenten ring suku kata pinih ungkur tiap baris pupuh)

4.      Pola lan conto pupuh Ginada
1.      Pola pupuh Ginada (7 baris)                         
Siwa tiga ne tunggalang         8a
Wireh maraga sawiji              8i
Sada siwa prama siwa            8a
Hyang siwa bhatara guru       8u
Nadya saking kadewatan       8a
Mrik sumirit                           4i
Malingga ring papaheman      8a

5.      Tata cara nembangang pupuh
Wenten kalih cara nembangang pupuh inggih punika:
1.      Paca pariring inggih punika nembangang pupuh nenten nganggen variasi/polos (maca pat-pat)
2.      Nyengkok wilet inggih punika nembangang pupuh sane nganggen variasi.
IV. Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Penugasan/ Resitasi
4.      Demonstrasi
V. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan/Kegiatan Awal
1.      Mengucapkan salam “ Om Swastiastu “
2.      Melakukan absensi
3.      Melakukan orientasi
Memusatkan perhatian siswa terhadap kegiatan hari ini, yaitu pelajaran tentang melagukan pupuh
4.      Apersepsi
Menyampaikan persepsi awal tentang materi yang sudah dipelajari dan materi yang akan dipelajari, yaitu berkaitan dengan pupuh , dan mengajukan beberapa pertanyaan seperti:
a.       Alit-alit sami sira sane sampun uning  nembangin pupuh?
b.      Napi nika pupuh?
5.      Motivasi
Memberi motivasi kepada siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran, pentingnya belajar tentang pola pupuh, serta pentingnya belajar melagukan pupuh.
6.      Pemberian acuan yaitu menyampaikan uraian materi pelajaran secara garis besar
B. Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
-          Menggali pengetahuan awal  siswa tentang pemahama secara umum terhadap materi yang diajarka dengan cara memberikan pertanyaan awal, yaitu:
a.      Alit-alit sami sira sane uning wastan-wastan  pupuh?
b.      Indayang sambatang a kuda wenten wastan pupuh?
-          Menjelaskan materi tentang pupuh, yaitu pengertian pupuh,tata cara mencari pola pupuh, dan cara melagukan pupuh Ginada
-          Memberikan contoh bagaimana cara melagukan pupuh Ginada

2.      Elaborasi
-          Guru memberikan penugasan kepada siswa untuk latihan melagukan pupuh Ginada
-          Guru mengontrol/membimbing jika pada saat siswa melagukan pupuh Ginada terjadi kesalahan dalam melagukannya
-          Jika waktu sudah habis guru menghentikan kegiatan siswa

3.      Konfirmasi
-          Guru menunjuk beberapa siswa untuk melagukan pupuh Ginada
-          Guru meluruskan dan menyempurnakan serta memberikan penguatan jika siswa yang ditunjuk tersebut mengalami kekeliruan didalam melagukan pupuh Ginada
-          Guru memotivasi siswa yang kurang berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini
C. Penutup
-  Guru merangkum materi yang telah dipelajari bersama
-  Guru memberikan gambaran materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
- Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa tentang hal yang belum dimengerti mengenai materi yang sudah dibahas
-  Salam penutup “ Om Santhi, Santhi, Santhi, Om”
VI. Sumber dan alat belajar
1.      Alat       :  papan tulis, spidol
2.      Media                : kertas manila bertuliskan cuntoh pupuh Ginada
3.      Sumber  :
a.       Wijnyana Sari 2 kelas XI semester 2.
b.      Buku Paket Widyasari kelas XI, karangan Dr. I Nyoman Suwija, M. Hum., penerbit Percetakan Danyari, tahun 2010
VII.  Penilaian
1.      Prosedur penilaian
Praktik dinilai melalui tugas yang diberikan yakni melagukan/menembangakan pupuh Ginada
2.      Teknik penilaian          : Unjuk kerja
3.      Bentuk Instrumen       : teks/naskah pupuh
4.      Instrumen
1.      Indayang wacen becik-becik conto pupuh ring sor puniki, tur rereh polanyane, minakadi: padalingsanyane, guru wilangnyane, tur guru ding dongnyane !           
Mangkin Panyajan Galungan
Agama Hindune sami
Madabdaban nanding canang
Canang raka misi biu
Saha misi jaja gina
Canang Sari
Sane anggen ring aturan

2.      Indayang alit-alite tembangang pupuh Ginada puniki ring ajeng kelas saka siki !
Siwa tiga ne tunggalang
Wireh maraga sawiji
Sada siwa prama siwa
Hyang siwa Bhatara guru
Nadya saking kadewatan
Mrik sumirit
Malingga ring papaheman
Kunci Jawaban
1.      Padalingsa pupuh puniki: 7 baris
Guru wilang pupuh puniki:
Baris 1: 8 suku kata
Baris 2: 8 suku kata
Baris 3: 8 suku kata
Baris 4: 8 suku kata
Baris 5: 8 suku kata
Baris 6: 4 suku kata
Baris 7: 8 suku kata
Guru ding-dong pupuh puniki:
Baris 1: huruf vocal terakhir (a)
Baris 2: huruf vocal terakhir (i)
Baris 3: huruf vocal terakhir (a)
Baris 4: huruf vocal terakhir (u)
Baris 5: huruf vocal terakhir (a)
Baris 6: huruf vocal terakhir (i)
Baris 7: huruf vocal terakhir (a)

1.      Cara Penilaian
Rubrik penilaian:
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Suara
Intonasi
Ekspresi
1






2






3






4







Danseterusnya,






Rentang nilai atau skor untuk setiap aspek yang dinilai antara 0 sampai 5
Jumlah skor maksimal = 15
Pemberian Nilai:
            Total Nilai =  x 100

Rentang nilai hasil belajar siswa
No.
Nilai
Kualifikasi
1
90-100
Sangat Tuntas
2
86-89
Tuntas
3
73-85
Cukup Tuntas
4
<73
Tidak tuntas

Mengetahui,                                                                                        Denpasar, 4 Januari 2012
Dosen Pembimbing                                                                                         Mahasiswa


(Ida Ayu Agung Ekasriadi S.Pd,M. Hum.)                                        (Ni Wayan Mbangsihani)
NIP: 1967036 199403 2 001                                                              NIM: 2009.II.2.0003
           


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar