RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ Semester :
XI/2
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Kemampuan membaca, melagukan,
dan mewiramakan berbagai karya sastra
Bali Klasik, Kawi, Jawa Kuna, dan Modern
Kompetensi Dasar : Membaca dan melagukan
tembang pupuh Ginada
Indikator : 1. Mampu
menemukan pola pupuh Ginada
2. Mampu menirukan dan melagukan tembang
pupuh Ginada
I. Tujuan Pembelajara
1. Siswa
mampu menemukan pola pupuh Ginada
2. Siswa
mampu melagukan tembang pupuh Ginada
II. PBKB(Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa)
1. Disiplin
2. Kreatif
3. Religius
III. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
pupuh
Pupuh/macepat inggih
punika silih sinunggil tembang sane kawacen nganggen suara utawi vocal manusa sane
madue melodi saha uger-eger sane sampun katentuang. Uger –uger punika wenten
mawasta padalingsa, guru wilang, saha guru ding-dong. Pada lingsa inggih punika
akehnyane baris ring siki bait pupuh, guru wilang inggih punika akehnyane suku
kata ring tiap baris pupuh, lan guru ding dong inggih punika huruf vocal sane
wenten ring suku kata pinih ungkur tiap
baris pupuh.
2.
Wastan
Pupuh
Wenten
dasa (10) wastan pupuh.
1. Pupuh
Maskumambang
2. Pupuh
Mijil
3. Pupuh
Pucung
4. Pupuh
Ginanti
5. Pupuh
Ginada
6. Pupuh
Durma
7. Pupuh
Semarandana
8. Pupuh
Pangkur
9. Pupuh
Sinom
10. Pupuh
Dangdang
3.
Tata
cara ngrereh pola pupuh
1. Nentuang
pada lingsa (akehnyane baris ring siki bait
pupuh)
2. Nentuang
guru wilang (akehnyane suku kata ring tiap baris pupuh)
3. Nentuang
guru ding dong (huruf vocal sane wenten ring suku kata pinih ungkur tiap baris
pupuh)
4.
Pola
lan conto pupuh Ginada
1. Pola
pupuh Ginada (7 baris)
Siwa tiga ne tunggalang 8a
Wireh maraga
sawiji 8i
Sada siwa prama siwa 8a
Hyang siwa bhatara guru 8u
Nadya saking kadewatan 8a
Mrik sumirit 4i
Malingga ring papaheman 8a
5.
Tata
cara nembangang pupuh
Wenten kalih cara
nembangang pupuh inggih punika:
1. Paca
pariring inggih punika nembangang pupuh nenten nganggen variasi/polos (maca
pat-pat)
2. Nyengkok
wilet inggih punika nembangang pupuh sane nganggen variasi.
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya
Jawab
3. Penugasan/
Resitasi
4. Demonstrasi
V. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan/Kegiatan Awal
1. Mengucapkan
salam “ Om Swastiastu “
2. Melakukan
absensi
3. Melakukan
orientasi
Memusatkan
perhatian siswa terhadap kegiatan hari ini, yaitu pelajaran tentang melagukan
pupuh
4. Apersepsi
Menyampaikan
persepsi awal tentang materi yang sudah dipelajari dan materi yang akan
dipelajari, yaitu berkaitan dengan pupuh , dan mengajukan beberapa pertanyaan
seperti:
a. Alit-alit sami sira sane sampun uning
nembangin pupuh?
b. Napi nika pupuh?
5. Motivasi
Memberi
motivasi kepada siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran, pentingnya belajar
tentang pola pupuh, serta pentingnya belajar melagukan pupuh.
6. Pemberian
acuan yaitu menyampaikan uraian materi pelajaran secara garis besar
B. Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
-
Menggali pengetahuan awal siswa tentang pemahama secara umum terhadap
materi yang diajarka dengan cara memberikan pertanyaan awal, yaitu:
a.
Alit-alit
sami sira sane uning wastan-wastan
pupuh?
b.
Indayang
sambatang a kuda wenten wastan pupuh?
-
Menjelaskan materi tentang pupuh, yaitu
pengertian pupuh,tata cara mencari pola pupuh, dan cara melagukan pupuh Ginada
-
Memberikan contoh bagaimana cara
melagukan pupuh Ginada
2.
Elaborasi
-
Guru memberikan penugasan kepada siswa
untuk latihan melagukan pupuh Ginada
-
Guru mengontrol/membimbing jika pada
saat siswa melagukan pupuh Ginada terjadi kesalahan dalam melagukannya
-
Jika waktu sudah habis guru menghentikan
kegiatan siswa
3.
Konfirmasi
-
Guru menunjuk beberapa siswa untuk
melagukan pupuh Ginada
-
Guru meluruskan dan menyempurnakan serta
memberikan penguatan jika siswa yang ditunjuk tersebut mengalami kekeliruan
didalam melagukan pupuh Ginada
-
Guru memotivasi siswa yang kurang
berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini
C. Penutup
-
Guru merangkum
materi yang telah dipelajari bersama
- Guru memberikan gambaran materi yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya
- Guru memberikan
kesempatan bertanya kepada siswa tentang hal yang belum dimengerti mengenai
materi yang sudah dibahas
- Salam penutup “ Om Santhi, Santhi, Santhi,
Om”
VI. Sumber dan alat belajar
1. Alat
:
papan tulis, spidol
2. Media : kertas manila bertuliskan cuntoh pupuh Ginada
3. Sumber
:
a. Wijnyana
Sari 2 kelas XI semester 2.
b. Buku
Paket Widyasari kelas XI, karangan Dr. I Nyoman Suwija, M. Hum., penerbit
Percetakan Danyari, tahun 2010
VII. Penilaian
1. Prosedur
penilaian
Praktik
dinilai melalui tugas yang diberikan yakni melagukan/menembangakan pupuh Ginada
2. Teknik
penilaian : Unjuk kerja
3. Bentuk
Instrumen : teks/naskah pupuh
4. Instrumen
1. Indayang
wacen becik-becik conto pupuh ring sor puniki, tur rereh polanyane, minakadi:
padalingsanyane, guru wilangnyane, tur guru ding dongnyane !
Mangkin
Panyajan Galungan
Agama
Hindune sami
Madabdaban
nanding canang
Canang
raka misi biu
Saha
misi jaja gina
Canang
Sari
Sane
anggen ring aturan
2. Indayang
alit-alite tembangang pupuh Ginada puniki ring ajeng kelas saka siki !
Siwa
tiga ne tunggalang
Wireh
maraga sawiji
Sada
siwa prama siwa
Hyang
siwa Bhatara guru
Nadya
saking kadewatan
Mrik
sumirit
Malingga
ring papaheman
Kunci Jawaban
1.
Padalingsa
pupuh puniki: 7 baris
Guru wilang pupuh puniki:
Baris
1: 8 suku kata
Baris
2: 8 suku kata
Baris
3: 8 suku kata
Baris
4: 8 suku kata
Baris
5: 8 suku kata
Baris
6: 4 suku kata
Baris
7: 8 suku kata
Guru ding-dong pupuh puniki:
Baris
1: huruf vocal terakhir (a)
Baris
2: huruf vocal terakhir (i)
Baris
3: huruf vocal terakhir (a)
Baris
4: huruf vocal terakhir (u)
Baris
5: huruf vocal terakhir (a)
Baris
6: huruf vocal terakhir (i)
Baris
7: huruf vocal terakhir (a)
1.
Cara
Penilaian
Rubrik penilaian:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Suara
|
Intonasi
|
Ekspresi
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
Danseterusnya,
|
|
|
|
|
|
Rentang
nilai atau skor untuk setiap aspek yang dinilai antara 0 sampai 5
Jumlah
skor maksimal = 15
Pemberian
Nilai:
Total
Nilai =
x 100
Rentang nilai hasil belajar siswa
No.
|
Nilai
|
Kualifikasi
|
1
|
90-100
|
Sangat Tuntas
|
2
|
86-89
|
Tuntas
|
3
|
73-85
|
Cukup Tuntas
|
4
|
<73
|
Tidak tuntas
|
Mengetahui, Denpasar, 4 Januari 2012
Dosen
Pembimbing Mahasiswa
(Ida Ayu Agung
Ekasriadi S.Pd,M. Hum.) (Ni Wayan
Mbangsihani)
NIP: 1967036 199403 2 001 NIM:
2009.II.2.0003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar