Penggunaan
metode dalam RPP ini adalah:
1. Metode Ceramah
Metode
ceramah digunakan apabila:
a. Guru
akan menyampaikan kenyataan atau pendapat dimana tidak terdapat bahan bacaan
yang merangkum fakta tersebut. Misalnya: guru menjelaskan tentang Sejarah dan
Latar belakang Sastrawan, sedangkan buku tentang penjelana tersebut susah
didapatkan, maka tepatla guru menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan
materi tersebut.
b. Apabila
guru akan menyampaikan pengajaran kepada jumlah yang besar (misalnya sekitar 75
orang atau lebih), maka metode ceramah lebih efisien daripada metode lain
seperti demonstrasi, eksperimen, diskusi.
c. Apabila
guru akan menyimpulkan pokok-pokok penting yang telah diajarkan .
d. Apabila
guru akan memperkenalkan pokok baru dalam rangka pelajaran.
Kelebihan
metode ceramah:
Ø Guru
menguasai arah pembicaraan seluruh kelas. Dimana dilam sebuah diskusi guru
hanya seorang pembicara, maka guru dapat menentukan sendiri arah yang
diperbincangkan
Ø Organisasi
kelas sederhana. Dengan ceramah, persiapan satu-satunya bagi guru adalah buku
catatannya. Pada seluruh jam pelajaran guru bisa bicara sambil berdiri atau
kadang-kadang duduk. Cara ini paling sederhana dalam hal pengaturan kelas.
Kelemahan
metode ceramah:
Ø Guru
tidak dapat mengetahui sampai dimana murid telah mengerti
pembicaraannya/materi. Kadang-kadang guru beranggapan bahwa bila murid-murud
duduk diam mendengarkan ataunsambil menganggukan kepala,berarti murid telah
mengerti,
Ø Kata-kata
yang diucapkan guru, ditafsirkan lain oleh murid. Dapat terjadi bahwa murid
memberikan pengertian lain dengan apa yang dimaksud oleh guru.
2. Metode Tanya Jawab
Penggunaan
metode Tanya jawab digunakan untuk memberikan gambaran tentang wajar atau
tidaknya penggunaan metode Tanya jawab, dalam tiap kejadian akan diikuti dengan
analisis mengenai aspek pokok pelajaran itu dan sejauh manakah penggunaan
metode Tanya jawab:
Ø Metode
Tanya jawab digunakan guru untuk melanjutkan pelajaran yang lalu, dengan
memberikan pertanyaan kepada murid.
Ø Metode
Tanya jawab digunakan guru menyelingi pembicaraan untuk mendapatkan kerjasama
dan perhatian murid.
Ø Metode
Tanya jawab digunakan guru untuk meningkatkan pemikiran atau pengamatan murid
terhadap materi pelajaran.
Kelebihan
metode Tanya jawab
Ø Keadaan
kelas lebih aktif karena siswa tidak sekedar mendengarkan penjelasan dari guru
saja.
Ø Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya sehingga guru mengetahui hal-hal yang
belum dimengerti oleh siswanya.
Ø Guru
bisa mengetahui sejauh mana siswa bisa menangkap/memahami materi yang
dijelaskan pada proses belajar.
Kelemahan
metode Tanya jawab
Ø Metode
ini biasanya membutuhkan waktu lebih banyak.
Ø Dengan
Tanya jawab kadang-kadang pembicaraan menyimpang dari pokok persoalan yang
ditanyakan, biasanya siswa menyinggung hal-hal lain walaupun masih ad
hubungannya dengan pokok persoalan yang sedang dibicarakan.
3. Metode Penugasan/Resitasi
Metode
penugasan atau resitasi merupakan suatu metode mengajar dimana guru memberikan
tugas untuk mempelajari sesuatu kepada murid, kemudian melaporkan hasilnya.
Kelebihan
metode penugasan/ resitasi
Ø Member
kesempatan kepada siswa untuk belajar lebih banyak serts lebih luas.
Ø Mengembangkan
rasa tanggung jawab.
Ø Memperkuat
motivasi belajar.
Ø Memungkinkan
hubungan keluarga dengan sekolah lebih erat.
Ø Memupuk
keberanian berinisiatif.
Kelemahan
metode penugasan/ resitasi
Ø Memerlukan
pengawasan, baik oleh orang tua maupun guru.
Ø Sukar
menetapkan apakah tugas itu dikerjakan sendiri atau dengan bantuan oreang lain.
Ø Ada
kecenderungan untuk mencontoh pekerjaan orang lain.
Ø Dapat
m,enimbulkan frustasi bila anak gagal menyelesaikannya.
4. Metode Demonstrasi
Metode
demonstrasi digunakan untuk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar