Rabu, 06 Juni 2012

Penggunaan metode dalam RPP


Penggunaan metode dalam RPP ini adalah:
1.      Metode Ceramah
Metode ceramah digunakan apabila:
a.       Guru akan menyampaikan kenyataan atau pendapat dimana tidak terdapat bahan bacaan yang merangkum fakta tersebut. Misalnya: guru menjelaskan tentang Sejarah dan Latar belakang Sastrawan, sedangkan buku tentang penjelana tersebut susah didapatkan, maka tepatla guru menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan materi tersebut.
b.      Apabila guru akan menyampaikan pengajaran kepada jumlah yang besar (misalnya sekitar 75 orang atau lebih), maka metode ceramah lebih efisien daripada metode lain seperti demonstrasi, eksperimen, diskusi.
c.       Apabila guru akan menyimpulkan pokok-pokok penting yang telah diajarkan .
d.      Apabila guru akan memperkenalkan pokok baru dalam rangka pelajaran.
Kelebihan metode ceramah:
Ø  Guru menguasai arah pembicaraan seluruh kelas. Dimana dilam sebuah diskusi guru hanya seorang pembicara, maka guru dapat menentukan sendiri arah yang diperbincangkan
Ø  Organisasi kelas sederhana. Dengan ceramah, persiapan satu-satunya bagi guru adalah buku catatannya. Pada seluruh jam pelajaran guru bisa bicara sambil berdiri atau kadang-kadang duduk. Cara ini paling sederhana dalam hal pengaturan kelas.
Kelemahan metode ceramah:
Ø  Guru tidak dapat mengetahui sampai dimana murid telah mengerti pembicaraannya/materi. Kadang-kadang guru beranggapan bahwa bila murid-murud duduk diam mendengarkan ataunsambil menganggukan kepala,berarti murid telah mengerti,
Ø  Kata-kata yang diucapkan guru, ditafsirkan lain oleh murid. Dapat terjadi bahwa murid memberikan pengertian lain dengan apa yang dimaksud oleh guru.
2.      Metode Tanya Jawab
Penggunaan metode Tanya jawab digunakan untuk memberikan gambaran tentang wajar atau tidaknya penggunaan metode Tanya jawab, dalam tiap kejadian akan diikuti dengan analisis mengenai aspek pokok pelajaran itu dan sejauh manakah penggunaan metode Tanya jawab:
Ø  Metode Tanya jawab digunakan guru untuk melanjutkan pelajaran yang lalu, dengan memberikan pertanyaan kepada murid.
Ø  Metode Tanya jawab digunakan guru menyelingi pembicaraan untuk mendapatkan kerjasama dan perhatian murid.
Ø  Metode Tanya jawab digunakan guru untuk meningkatkan pemikiran atau pengamatan murid terhadap materi pelajaran.
Kelebihan metode Tanya jawab
Ø  Keadaan kelas lebih aktif karena siswa tidak sekedar mendengarkan penjelasan dari guru saja.
Ø  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya sehingga guru mengetahui hal-hal yang belum dimengerti oleh siswanya.
Ø  Guru bisa mengetahui sejauh mana siswa bisa menangkap/memahami materi yang dijelaskan pada proses belajar.
Kelemahan metode Tanya jawab
Ø  Metode ini biasanya membutuhkan waktu lebih banyak.
Ø  Dengan Tanya jawab kadang-kadang pembicaraan menyimpang dari pokok persoalan yang ditanyakan, biasanya siswa menyinggung hal-hal lain walaupun masih ad hubungannya dengan pokok persoalan yang sedang dibicarakan.
3.      Metode Penugasan/Resitasi
Metode penugasan atau resitasi merupakan suatu metode mengajar dimana guru memberikan tugas untuk mempelajari sesuatu kepada murid, kemudian melaporkan hasilnya.
Kelebihan metode penugasan/ resitasi
Ø  Member kesempatan kepada siswa untuk belajar lebih banyak serts lebih luas.
Ø  Mengembangkan rasa tanggung jawab.
Ø  Memperkuat motivasi belajar.
Ø  Memungkinkan hubungan keluarga dengan sekolah lebih erat.
Ø  Memupuk keberanian berinisiatif.
Kelemahan metode penugasan/ resitasi
Ø  Memerlukan pengawasan, baik oleh orang tua maupun guru.
Ø  Sukar menetapkan apakah tugas itu dikerjakan sendiri atau dengan bantuan oreang lain.
Ø  Ada kecenderungan untuk mencontoh pekerjaan orang lain.
Ø  Dapat m,enimbulkan frustasi bila anak gagal menyelesaikannya.
4.      Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi digunakan untuk




Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar