RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran :
Bahasa Bali
Kelas / Semester :
X / I (Ganjil)
Alokasi waktu :
2 x 45 menit
Aspek :
Menulis
Standar
Kompetensi : Mampu mengungkapkan
pikiran, gagasan, dan perasaan dalam bentuk tulisan berbagai
komposisi
Kompetensi
Dasar : Menulis surat pribadi
Indikator : 1. Menulis surat pribadi
dengan isi tertentu
2.
Menulis surat pribadi sesuai dengan sor singgih basa dan bahasa yang
komunikatif
I. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
mampu menulis surat pribadi dengan isi tertentu
2. Siswa
mampu menulis surat pribadi sesuai dengan sor singgih basa dan bahasa yang
komunikatif
II. PBKB
(Pendidikan Budaya Karakter Bangsa)
1. Disiplin
2. Kreatif
III.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian
dan Jenis-jenis surat
Pengertian
surat
Surat ialah sarana
komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan keinginan atau kehendak
kepada orang lain ataupun kepada suatu lembaga. Dalam bahasa Bali (ASI) kata
surat disebut dengan sẽwalapatra, dan dalam alus sor (ASO) disebut dengan
rerepi.
Jenis-jenis surat,
yaitu :
-
Surat resmi, yaitu surat yang digunakan
dalam lembaga resmi misalnya seperti kantor pemerintahan.
-
Surat niaga yaitu suarat yang digunakan
dalam usaha perdagangan atau industri swasta.
-
Surat pribadi yaitu surat yang digunakan
dalam keluarga, teman ataupun masing-masing orang.
Pada
umumnya bagian-bagian surat terdiri atas:
-
Pembuka (Purwaka)
-
Isi (daging/unteng)
-
Penutup (Pamuput)
2. Penggunaan
sor singgih basa dan bahasa yang komunikatif dalam penulisan surat pribadi
Dalam penulisan surat
berbahasa Bali, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu sor singgih
basa. Sor singgih basa yaitu tingkatan bahasa yang digunakan dalam
berkomunikasi. Misalnya jika kita berbicara dengan orang yang kedudukannya
lebih tinggi, lebih tua, dan orang-orang yang berkasta, hendaknya menggunakan
bahasa Bali alus. Sedangkan jika dengan teman sebaya, kita dapat menggunakan
basa pergaulan sehari-hari.
Selain itu, dalam
penulisan surat juga harus menggunakan bahasa yang komunikatif, artinya bahasa
yang digunakan bersifat bersahabat, yakni mudah dipahami atau dimengerti oleh
orang lain, bahasanya singkat, padat, dan jelas (tidak bertele-tele).
3. Contoh
Surat Pribadi
Badung,1
Desember 2011
Stt. Aji miwah Biang
a.g Br. Menak Beringkit,
Mengwi – Badung
Om Swastyastu,
Aji miwah Biang, titiang nglungsur
ampura ping banget riantukan sampun sue pisan titiang nenten ngirim rerepi ring
angan aji miwah biang. Titiang setata nunas pasuecan ida Sang Hyang Parama Kawi
dumogi kawentenan aji miwah biang iriki prasida rahajeng.
Malarapan antuk rerepi puniki,
titiang matur ring aji miwah biang riantukan titiang sampun prasida ngranjing
ring SMA negeri favorit iriki ring Denpasar. Titiang rumasa riantukan kasuksesan
titiang puniki prasida ngamolihang juara sangkaning piteket-piteket aji sareng
biang. Punika mawinan madasar antuk manah dreda bakti, lugrayang titiang
ngaturang suksmaning manah.
Asapunika prasida atur titiang
mantuka ring aji miwah biang sane banget aptiang titiang, mogi-mogi aji miwah
biang garjita ngwacen, turmaning setata rahayu.
Om
Santih, Santih, Santih, Om
Saking
titiang,
Gst. Ayu Tri
IV.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Penugasan
V.
Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal
1. Salam
Pembuka
2. Melakukan
absensi dan pengisian jurnal kelas
3. Melakukan
orientasi yaitu memusatkan perhatian siswa terhadap materi yang dipelajari hari ini
4. Menyampaikan
apersepsi yang terkait dengan materi yang akan dipelajari hari ini yaitu dengan mengajukan pertanyaan :
1. Anak-anak,
diantara kalian ada yang pernah mengirim atau menulis surat?
2. Apa
itu surat?
5. Memotivasi
siswa dalam belajar yaitu menyampaikan pentingnya mempelajari penulisan surat
pribadi, dan menyampaikan
tujuan pembelajaran
B. Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
- Menggali
pengetahuan awal siswa tentang pemahamannya secara umum terhadap
materi yang diajarkan dengan cara memberikan pertanyaan awal, yaitu:
1. Apakah
diantara kalian ada yang tahu ada berapa macam jenis surat?
2. Apa
saja bagian-bagian surat?
- Menjelaskan
materi tentang menulis surat pribadi yaitu pengertian dan jenis- jenis surat,
penggunaan sor singgih basa dan bahasa yang komunikatif dalam menulis surat
pribadi, dan contoh surat pribadi.
2. Elaborasi
- Guru
menugaskan siswa dan memberikan
waktu untuk
latihan menulis surat pribadi yang ditujukan kepada teman dengan tema tahun baru, yang
dikerjakan secara individu
- Setelah waktu berakhir, guru menghentikan kegiatan siswa
3. Konfirmasi
- Guru
menunjuk perwakilan dari beberapa
siswa untuk ke depan membacakan surat pribadi yang ditulisnya
- Guru
memberi penguatan dan menyempurnakan pekerjaan siswa apabila ada kesalahan atau
kekeliruan di dalam penulisan surat pribadi
C. Kegiatan
Akhir
-
Merangkum materi yang telah dipelajari
-
Memberi kesempatan kepada siswa untuk
bertanya mengenai materi yang belum dipahami
-
Salam penutup
VI.
Sumber dan alat belajar
Sumber : - Buku paket Bahasa Bali Widnyana Sari I,
kelas X semester I, halaman 49
- Buku paket wacana
Bahasa Bali karangan I Nyoman Suwija,
halaman 74
Alat : papan
tulis, spidol
VII.
Penilaian
Teknik :
unjuk kerja, tertulis
Bentuk instrumen : uraian
Soal/instrument :
Penugasan
Soal :
1. Buatlah
surat pribadi yang isinya mengucapkan selamat hari raya Galungan dan Kuningan,
yang ditujukan kepada orang tua yang tinggal di desa!
Rubrik penilaian
No
|
kegiatan
|
Nilai
|
Kualifikasi
|
1
|
Siswa mampu
menulis surat pribadi dengan sor singgih basa dengan baik dan bahasa yang
komunikatif
|
90
– 100
|
A
|
2
|
Siswa mampu
menulis surat pribadi tetapi sor singgih
basa dan bahasanya kurang komunikatif
|
70
– 89
|
B
|
3
|
Siswa hanya mampu menulis surat pribadi, tetapi tidak
menggunakan sor singgih basa dan bahasanya tidak komunikatif
|
65
– 69
|
C
|
4
|
Siswa tidak mampu menulis
surat pribadi dan tidak menggunakan sor singgih basa maupun bahasanya tidak komunikatif
|
<
65
|
D
|
Mengetahui,
Denpasar, 1 Desember 2011
Dosen Pembimbing
Mahasiswa
( Ni Made Seniwati, S.Pd.,MM ) ( Gst. Ayu Nym. Tri
Mahayanti )
NIP : 194612311986022076 NIM
: 2009.II.2.0007
SILABUS
Nama sekolah : SMA N 1 Mengwi
Mata Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas / Semester : X / I
Standar
Kompetensi : mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, dan perasaan dalam bentuk
tulisan berbagai komposisi
Menulis
Kompetensi
Dasar
|
Materi pokok
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Menulis surat
pribadi
|
Surat Pribadi
|
- Menulis surat pribadi dengan isi tertentu
-
Menulis surat pribadi sesuai dengan sor singgih basa dan bahasa yang
komunikatif
|
-menulis surat
pribadi sesuai dengan langkah-langkah yang harus diperhatikan yaitu terdapat
pembuka, isi, dan penutup
-menggunakan
sor singgih basa dan bahasa yang komunikatif dalam penulisan surat
|
Tes tulis
|
2 x 45 menit
|
-Widnyana Sari 1
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Oleh:
Gusti Ayu Nyoman
Tri Mahayanti ( 2009.II.2.0007 )
Absen : 7
Semester : V A
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DAN DAerah
BIDANG ILMU Pendidikan BAHASA DAN SASTRA BALI
fakultaS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
IKIP PGRI BALI
DENPASAR
2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar