Selasa, 21 Agustus 2012

RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX terbaru



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



I.          Satuan Pendidikan     :    SMP Negeri 4 Abiansemal

Mata Pelajaran            :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Kls                              :    IX

Semester                     :    1 (satu)

Alokasi waktu            :



II.       Standar Kompetensi (SK)

Mempraktekan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai - nilai yang terkandung didalamnya.



III.    Kompetensi dasar (KD)

1.1  Mempraktekan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagai tempat dan peralatan.



IV.   Indikator

Kognitif

-          Menjelaskan secara benar sejarah permainan Bola Basket

Psikomotor

-          Mendemontrasikan teknik dasar mengoper, menangkap, menggiring bola dan teknik kombinasi

Afektif

-          Menunjukan prilaku toleransi, percaya diri, keberanian

-          Menghargai lawan berbagai tempat dan peralatan dalam melakukan setiap tugas gerak







V.       Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa mampu menjelaskan secara benar syanah permainan Bola Basket.

2.      Siswa mampu mendemonstrasikan teknik dasar mengoper, menangkap, menggiring bola dan teknik kombinasi.

3.      Siswa mampu menunjukkan prilaku toleransi, percaya diri, keberanian menghargai lawan, berbagai tempat dan peralatan dalam melakukan setiap tugas gerak.



VI. Materi Pembelajaran : Permainan Bola Basket



VII. Model Pembelajaran

Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT

(Numbered Head Together)



VII. Langkah - Langkah Pembelajaran

NO
   

FASE
   

LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN

1
   


   

Persiapan guru penjasorkes sebelum pembelajaran

-            Menyiapkan perangkat pembelajaran (Silabus RPP, Lembar Presensi, dan Penilaian)

-            Mengucapkan peralatan (bola, peluit, peta setting)

2
   


   

Kegiatan pendahuluan (pola P-A-L-T-P)

-             Berdoa dan Presensi

-             Apersepsi, menyampaikan ruang lingkup materi

-             Menyampaikan tujuan pembelajaran

-             Pengecekan denyut nadi awal siswa

-             Pemanasan statis dan dinamis

3






































   

1.

Penomoran







2.

Memberi Pertanyaan

3.

Berpikir Bersama

4.

Menjawab Pertanyaan


   

Kegiatan inti (pola T-M-F-K-A)

A. Eksplorasi

-             Guru mengorganissikan siswa dalam 8 kelompok

Setiap kelompok beranggotakan 4 - 5 orang.

Setiap kelompok diberi nomor yang berbeda.

-            Guru menggali pengetahuan siswa dengan cara memberi pantangan terkait dengan materi pelajaran yaitu permaian Bola Basket.

-            Siswa bersama kelompoknya mencermati dan memikirkan bentuk gerakan teknik dasar permainan Bola Basket, sesuai dengan materi.

-            Guru menyebutkan salah satu nomor untuk menjawab pertanyaan, siswa yang ditunjuk mewakili kelompoknya menjawab pertanyaan guru.

-            Guru menyajikan materi pembelajaran.

B. Elaborasi

-            Guru memberikan tugas gerak kepada siswa yaitu teknik dasar permainan Bola Basket.

C. Konfirmasi

-             Guru memonitor dan mengevaluasi tugas gerak yang dilakukan siswa.

-             Memberikan Feedback (Kebenaran teknik gerakan bermain Bola Basket)

-             Kontruksi nilai - nilai olahraga (Bertoleransi dengan teman, percaya diri dan berani dalam menyelesaikan tugas gerak.

-             Guru menyampaikan tugas gerak kedua kepada siswa.

-             Guru memonitor dan evaluasi tugas gerak siswa.

-             Guru memberi Feedback

-             Guru memberi tugas gerak ketiga kepada siswa

-             Guru memonitor dan mengevaluasi kelompok siswa serta melakukan penilaian afektif melalui observasi.

4.
   


   

Kegiatan Penutup (pola P-R-E-A-L)

-            Pendinginan

-            Repleksi, evaluasi, apresiasi, tindak lanjut.

IX. Sarana prasarana/sumber belajar/media pembelajaran

1.      Sarana Prasarana

-       Ruang terbuka yang datar dan aman, bola basket, pluit.

2.      Sumber Belajar

-       Jaja Suharja Husdarta, Eli Maryani, Pendidikan Jasmani dan olahraga dan kesehatan kls IX th 2010 penerbit : Pusat Perbukuan, Kemendiknas

3.      Media Pembelajaran

-       LCD, Vidio pembelajaran



X. Penilaian

1.      Penilaian Aspek Kognitif (N1)

Penilaian aspek kognitif dilaksanakan dengan memberi pertanyaan dalam bentuk esay.

Daftar Pertanyaan

1.         Jelaskan sejarah permaian Bola Basket

Rumusan penilaian aspek kognitif (N1)    x20

2.         Penilaian aspek psikomotor (N2)

Skor maksimal = 10

Diskruptor unjuk kerja teknik dasar permainan Basket

NO
   

ASPEK YANG DINILAI
   

DISKRIPTION

1
   

Melakukan teknik dasar mengoper bola


   

a. chest pass

b. bounce pass

c. over hend pass

d. under hand pass

2
   

Melakukan teknik dasar menangkap bola
   

a. berdiri dengan kedua kala

b. kedua tangan dalam posisi bersiap

c. Bola ditangkap didepan dada

3
   

Menggiring bola
   

a.sikap tubuh berdiri

b. salah satu kaki berada didepan

c. bola dipegang dengan satu tangan

Format tes unjuk kerja teknik dasar permainan Bola Basket

Format 01

NO
   

Nama Siswa
   

Deskriptor
   

Jumlah Nilai
   

Skor

Mengoper Bola
   

Menangkap Bola
   

Menggiring Bola

a
   

b
   

c
   

d
   

a
   

b
   

c
   

a
   

b
   

c












   


   


   


   


   


   


   


   


   


   


   


   


   





Rumus Penilaian aspek psikomotor = (N2)

  x 50

3. Penilaian Aspek Ajektif (N3)

Penilaian aspek ajektif yang dilakukan oleh guru dan siswa didasarkan pada prilaku yang ditunjukan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar pengamatan.

Skor maksimal = 16

Bobot penilaian ajektif = 30



Format pengamatan Ajektif

Format 02

No
   

Nama Siswa
   

Sikap yang Diamati
   

Jumlah Skor

Toleransi dengan teman
   

Percaya diri dalam sikap tugas gerak
   

Berani dalam setiap tugas gerak
   

Menjaga keselamatan










   


   


   


   


   


   



Rumus Penilaian aspek ajektif (N2)  x 30

Jadi Nilai akhir yang diperoleh siswa = N1 + N2 + N3



                   Mengetahui                                           Bongkasa, ................................

     Kepala SMP N 4 Abiansemal                                 Guru Penjaskes







      (Drs. I Made Udiartha, S.H)                         (I Made Sujana, S.Pd)

       Nip. 1953123111980031219                       Nip.196802201994121005




Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar