RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. Satuan Pendidikan : SMP Negeri 4 Abiansemal
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kls : IX
Semester : 1 (satu)
Alokasi waktu :
II. Standar Kompetensi (SK)
Mempraktekan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai - nilai yang terkandung didalamnya.
III. Kompetensi dasar (KD)
1.1 Mempraktekan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagai tempat dan peralatan.
IV. Indikator
Kognitif
- Menjelaskan secara benar sejarah permainan Bola Basket
Psikomotor
- Mendemontrasikan teknik dasar mengoper, menangkap, menggiring bola dan teknik kombinasi
Afektif
- Menunjukan prilaku toleransi, percaya diri, keberanian
- Menghargai lawan berbagai tempat dan peralatan dalam melakukan setiap tugas gerak
V. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan secara benar syanah permainan Bola Basket.
2. Siswa mampu mendemonstrasikan teknik dasar mengoper, menangkap, menggiring bola dan teknik kombinasi.
3. Siswa mampu menunjukkan prilaku toleransi, percaya diri, keberanian menghargai lawan, berbagai tempat dan peralatan dalam melakukan setiap tugas gerak.
VI. Materi Pembelajaran : Permainan Bola Basket
VII. Model Pembelajaran
Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT
(Numbered Head Together)
VII. Langkah - Langkah Pembelajaran
NO
FASE
LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN
1
Persiapan guru penjasorkes sebelum pembelajaran
- Menyiapkan perangkat pembelajaran (Silabus RPP, Lembar Presensi, dan Penilaian)
- Mengucapkan peralatan (bola, peluit, peta setting)
2
Kegiatan pendahuluan (pola P-A-L-T-P)
- Berdoa dan Presensi
- Apersepsi, menyampaikan ruang lingkup materi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Pengecekan denyut nadi awal siswa
- Pemanasan statis dan dinamis
3
1.
Penomoran
2.
Memberi Pertanyaan
3.
Berpikir Bersama
4.
Menjawab Pertanyaan
Kegiatan inti (pola T-M-F-K-A)
A. Eksplorasi
- Guru mengorganissikan siswa dalam 8 kelompok
Setiap kelompok beranggotakan 4 - 5 orang.
Setiap kelompok diberi nomor yang berbeda.
- Guru menggali pengetahuan siswa dengan cara memberi pantangan terkait dengan materi pelajaran yaitu permaian Bola Basket.
- Siswa bersama kelompoknya mencermati dan memikirkan bentuk gerakan teknik dasar permainan Bola Basket, sesuai dengan materi.
- Guru menyebutkan salah satu nomor untuk menjawab pertanyaan, siswa yang ditunjuk mewakili kelompoknya menjawab pertanyaan guru.
- Guru menyajikan materi pembelajaran.
B. Elaborasi
- Guru memberikan tugas gerak kepada siswa yaitu teknik dasar permainan Bola Basket.
C. Konfirmasi
- Guru memonitor dan mengevaluasi tugas gerak yang dilakukan siswa.
- Memberikan Feedback (Kebenaran teknik gerakan bermain Bola Basket)
- Kontruksi nilai - nilai olahraga (Bertoleransi dengan teman, percaya diri dan berani dalam menyelesaikan tugas gerak.
- Guru menyampaikan tugas gerak kedua kepada siswa.
- Guru memonitor dan evaluasi tugas gerak siswa.
- Guru memberi Feedback
- Guru memberi tugas gerak ketiga kepada siswa
- Guru memonitor dan mengevaluasi kelompok siswa serta melakukan penilaian afektif melalui observasi.
4.
Kegiatan Penutup (pola P-R-E-A-L)
- Pendinginan
- Repleksi, evaluasi, apresiasi, tindak lanjut.
IX. Sarana prasarana/sumber belajar/media pembelajaran
1. Sarana Prasarana
- Ruang terbuka yang datar dan aman, bola basket, pluit.
2. Sumber Belajar
- Jaja Suharja Husdarta, Eli Maryani, Pendidikan Jasmani dan olahraga dan kesehatan kls IX th 2010 penerbit : Pusat Perbukuan, Kemendiknas
3. Media Pembelajaran
- LCD, Vidio pembelajaran
X. Penilaian
1. Penilaian Aspek Kognitif (N1)
Penilaian aspek kognitif dilaksanakan dengan memberi pertanyaan dalam bentuk esay.
Daftar Pertanyaan
1. Jelaskan sejarah permaian Bola Basket
Rumusan penilaian aspek kognitif (N1) x20
2. Penilaian aspek psikomotor (N2)
Skor maksimal = 10
Diskruptor unjuk kerja teknik dasar permainan Basket
NO
ASPEK YANG DINILAI
DISKRIPTION
1
Melakukan teknik dasar mengoper bola
a. chest pass
b. bounce pass
c. over hend pass
d. under hand pass
2
Melakukan teknik dasar menangkap bola
a. berdiri dengan kedua kala
b. kedua tangan dalam posisi bersiap
c. Bola ditangkap didepan dada
3
Menggiring bola
a.sikap tubuh berdiri
b. salah satu kaki berada didepan
c. bola dipegang dengan satu tangan
Format tes unjuk kerja teknik dasar permainan Bola Basket
Format 01
NO
Nama Siswa
Deskriptor
Jumlah Nilai
Skor
Mengoper Bola
Menangkap Bola
Menggiring Bola
a
b
c
d
a
b
c
a
b
c
Rumus Penilaian aspek psikomotor = (N2)
x 50
3. Penilaian Aspek Ajektif (N3)
Penilaian aspek ajektif yang dilakukan oleh guru dan siswa didasarkan pada prilaku yang ditunjukan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar pengamatan.
Skor maksimal = 16
Bobot penilaian ajektif = 30
Format pengamatan Ajektif
Format 02
No
Nama Siswa
Sikap yang Diamati
Jumlah Skor
Toleransi dengan teman
Percaya diri dalam sikap tugas gerak
Berani dalam setiap tugas gerak
Menjaga keselamatan
Rumus Penilaian aspek ajektif (N2) x 30
Jadi Nilai akhir yang diperoleh siswa = N1 + N2 + N3
Mengetahui Bongkasa, ................................
Kepala SMP N 4 Abiansemal Guru Penjaskes
(Drs. I Made Udiartha, S.H) (I Made Sujana, S.Pd)
Nip. 1953123111980031219 Nip.196802201994121005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar