Rabu, 30 Mei 2012

MATERI VII : UJI HETEROSKEDASTISITAS


Uji Heteroskedastisitas digunakan untuk menguji apakah dalam model regresi liner kesalahan pengganggu (e) mempunyai varians yang sama atau tidak dari satu pengamatan ke pengamatan yang lain. Untuk menguji Heteroskedastisitas dapat diketahui dari nilai signifikan korelasi Rank Spearman antara masing-masing variabel independen dengan residualnya. Jika nilai signifikan lebih besar dari α (5%) maka tidak terdapat Heteroskedastisitas, dan sebaliknya jika lebih kecil dari α (5%) maka terdapat Heteroskedastisitas. Langkah untuk mendapatkan nilai residual adalah : pada tampilan Data View, pilih menu Transform dan klik Compute.



Pada kotak Compute Variable, bagian Target Variable ketik Residual dan pada bagian Numeric Expression ketik :
Y-(159483.909+(-0.199*X1)+(-40537.746*X2)+(65353.663*X3)+(4.800*X4)), kemudian klik OK.


Setelah proses tersebut selesai maka pada tampilan Data View akan bertambah satu kolom, yaitu kolom Residual, dan kemudian pada menu File klik Save atau langsung tombol Ctrl + S. Selanjutnya untuk proses mendapatkan nilai korelasi Rank Spearman adalah pilih menu Analyze, pilih submenu Correlate, dan klik Bivariate


Pada kotak Bivariate Correlations, pindahkan semua variabel independen dan residual ke Variables, kemudian untuk Correlation Coefficients hilangkan tanda centang pada Pearson dan beri tanda centang pada Spearman, kemudian klik OK.


Hasil pengolahan data dengan korelasi Rank Spearman tersebut adalah sebagai berikut :

Berdasarkan tersebut di atas, pada kolom Residual dapat dilihat bahwa nilai signifikan (Sig. (2-tailed)) masing masing variabel independen di atas 5% sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat Heteroskedastisitas pada model regresi linier.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar