
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
KELAS I
SEMESTER 2
Tema : Peristiwa (
1 )
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Peristiwa ( 1 )
Kelas 1 Semester 2
Alokasi waktu 3 minggu
Standar
Kompetensi :
1. PKn : Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah.
2. IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3. IPA/ Sains :
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan
sampai dengan dua angka dalam
pemecahan
masalah.
5. Bahasa Indonesia :
R Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan
informasi
secara lisan dengan gambar,
percakapan sederhana
dan dongeng.
R Membaca : Memahami
teks pendek dengan membaca lancar
dan membaca puisi anak.
R Menulis : Menulis permulaan dengan huruf tegak
bersambung
melalui dikte
dan menyalin.
6. Seni
Budaya dan Kerajinan : Mengapresiasi karya seni musik.
7. Basa Sunda :
þ Mampu mengungkapkan fikiran perasaan, dan
keinginan secara
lisan dalam percakapan
(guneman)
permintaan ijin, perkenalan
( ngawanohkeun ) diri, penyebutan berbagai
jenis gambar dan gambar berita.
þ Mampu
membaca, memahami dan menanggapi berbagai bentuk
dan
jenis wacana tulis ( teka ) berupa kata-kata lepas, kalimat epas, serta wacana pendek
Kompetensi Dasar :
1. IPS
:
·
Menceritakan
kembali peristiwa penting.
2. IPA
·
Membedakan gerak
benda yang mudah bergerak dengan
benda yang sulit bergerak melalui
percobaan.
3.
PKN :
·
Menjelaskan
hak anak untuk belajadengan gembira dan didengar
pendapatnya.
4.
Matematika
:
·
Membilang
banyak benda
·
Mengurutkan
banyak benda.
5.
Bahasa
Indonesia :
Bebicara
·
Menceritakan isi
·
gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa
yang mudah dimengert
·
Melakukan percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris
dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·
Menyalin
puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
6.
Seni Budaya
dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsure rupa pada benda di alam
sekitar.
·
Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsure rupa
pada benda di alam sekitar.
·
Mengekspresikan
diri melalui karya seni gambar ekspresif.
·
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupas dus dimensi dengan teknik menempel.
7.
Basa Sunda :
·
Berbicara
·
Menyebutkan berbagai jenis gambar benda
·
Menerangkan berbagai jenis gambar peristiwa
·
Membaca
·
Membaca kalimat lepas dua kata
Indikator :
1.
IPS :
·
Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
·
Menyebutkan peristiwa yang menyenangkan yang
pernah dialami.
2.
IPA :
·
Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak
dan sulit bergerak.
·
Menyebutkan benda yang mudah bergerak.
·
Menyebutkan
benda yang sulit bergerak.
3.
PKN :
·
Menjelaskan arti hak.
·
Menyebutkan hak anak di rumah
·
Menyebutkan hak anak di sekolah.
·
Menceritakan pengalaman kasih sayang orang tua.
4.
Matematika
:
·
Menyebut banyak benda
·
Membandingkan dua kelompok benda melalui istilah
lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/
·
Membaca
dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50.
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·
Menmgurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
·
Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Membuat
kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·
Bertanya
jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut
·
Melakukan
percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan
dengan bimbingan guru.
·
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
·
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek
dan panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan
intonasi yang benar.
·
Membaca
denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan
benar
·
Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam
gerak dan mimic yang sesuai.
·
Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan
huruf lepas terlebih dahulu.
·
Menulis
kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·
Menuliskan
puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang
lain.
6.
Seni Budaya
dan Keterampilan. :
·
Mengelompokkan
berbagai jenis : bidang, warna, dan
bentuk pada benda tiga dimensi di alam sekitar.
·
Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif
yang diamati dari berbagai unsur pada benda di alam sekitar.
·
Memilih
objek alam yang indah dari unsur rupa .
·
Mengungkapkan
perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure rupa pada karya seni buatan sendiri
dan orang lain.
·
Memilih
keindahan unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri atau orang lain
7. Basa Sunda :
·
Menunjukkan gambar binatangan dan makanannya
·
Mengamati gambar tunggal atau seri
·
Menceritakan peristiwa dalam gambar dengan
bahasa sendiri.
·
Melakukan Tanya jawabtentang isi gambar
peristiwa seri/ tunggal.
·
Membaca kalimat lepas yang terdiri dari dua
kata.
I.
Tujuan Pembelajaran :
Sisawa dapat :
·
Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
·
Menyebutkan peristiwa yang menyenangkan yang
pernah dialami..
·
Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak
dan sulit bergerak.
·
Menyebutkan benda yang mudah bergerak.
·
Menyebutkan benda yang sulit bergerak..
·
Menjelaskan arti hak.
·
Menyebutkan hak anak di rumah
·
Menyebutkan hak anak di sekolah.
·
Menceritakan pengalaman kasih sayang orang tua.
·
Menyebut banyak benda
·
Membandingkan dua kelompok benda melalui istilah
lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/
·
Membaca
dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50.
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·
Menmgurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
·
Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya.
·
Membuat
kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·
Bertanya
jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut
·
Melakukan
percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan
dengan bimbingan guru.
·
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
·
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek
dan panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan
intonasi yang benar.
·
Membaca denag memberikan penekanan pada kata
tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan
benar
·
Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam
gerak dan mimic yang sesuai.
·
Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan
huruf lepas terlebih dahulu.
·
Menulis
kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·
Menuliskan
puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang
lain.
·
Mengelompokkan
berbagai jenis : bidang, warna, dan
bentuk pada benda tiga dimensi di alam sekitar.
·
Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif
yang diamati dari berbagai unsur pada benda di alam sekitar.
·
Memilih
objek alam yang indah dari unsur rupa .
·
Mengungkapkan
perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure rupa pada karya seni buatan sendiri
dan orang lain.
·
Memilih
keindahan unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri atau orang lain
·
Menunjukkan gambar binatangan dan makanannya
·
Mengamati gambar tunggal atau seri
·
Menceritakan peristiwa dalam gambar dengan
bahasa sendiri.
·
Melakukan Tanya jawabtentang isi gambar
peristiwa seri/ tunggal.
·
Membaca kalimat lepas yang terdiri dari dua kata
II. Materi Ajar
( Materi Pokok ) :
·
Hak
anak di rumah dan disekolah.
·
Peristiwa
yang pernah dialami
·
Gerak
benda
·
Oprasi
hitung bilangan.
·
Deskripsi
benda
·
Dongeng.
·
Membaca
nyaring
·
Menulis
huruf sambung.
·
Membaca
puisi anak
·
Unsur rupa
·
Apresiasi terhadap unsure rupa.
·
Maca munggaran
·
Nerangkeun gambar peristiwa.
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
·
Mengulang dan mengingatkan pelajaran yang telah
lalu.
Minggu ke 1
B. Kegiatan inti :
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( PKn, IPA, Matematika)
·
Melalui
diskusi sederhana siswa menyampaikan pengalaman yang berhubungan dengam hak
anak yang pernah diterimanya.
·
Menyebutkan
macam-macam hak anak
·
Melalui
contoh-contoh yang disampaikan siswa mengembil kesimpulan dan membuat definisi
dari hak.
·
Melalui
pengamatan pada model dan demontrasi dapat menemukan fakta bahwa beberapa
bentuk benda mudah bergerak.
·
Melalui
demontrasi siswa membuktikan bahwa beberapa benda sulit bergerak.
·
Mengelompokkan
benda-benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·
Menunjukkan
benda-benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·
Memperhatikan
benda-benmda yang sisp dihitung.
·
Membilang
banyak benda –benda pada tiap kelompok.
·
Menunjukkan
kartu bilangan ( 21 – 30) yang tepat dengan banyak benda.
·
Setiap
siswa melakukan pengelompokkan benda dan membilangnya, lalu menyimpan kartu
bilangan yang tepat
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Mengamati
gambar seri yang menceritakan tentang peristwa di jalan raya .
·
Menyusun
kalimat yang sesuai dengan gambar seri.
·
Melakukan
tanya jawab seputar isi dari cerita dibalik gambar.
·
Mencari
kalimat lain untuk gambar yang sama agar lebih pariatif dalam menggambarkan
suatu peristiwa.
·
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan.
·
Memberi
pendapat pada cerita yang didengar dari temannya.
·
Mengambil
kesimpulan dari cerita yang didengar.
·
Guru
menyiapkan benda yang akan dikelompokkan dan kartu bilangan.
·
Memperhatikan
benda-benda yang siap dihitung.
·
Membilang
banyak benda pada tiap kelompok.
·
Secara
berkelompok menunjukkan kartu bilangan ( 31 – 50 ) yang tepat dan sesuai dengan
banyak benda.
·
Melakukan
permainan ”adu cepat” menyebutkan bilangan yang sesuai dengan banyak benda.
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika,
IPA )
·
Mengamati
gambar seri yang menceritakan tentang peristwa di pasar .
·
Menyusun
kalimat yang sesuai dengan gambar seri.
·
Melakukan
tanya jawab seputar isi dari cerita dibalik gambar.
·
Mencari
kalimat lain untuk gambar yang sama agar lebih pariatif dalam menggambarkan
suatu peristiwa.
·
Memperhatikan
kelompok benda yang telah disiapkan oleh guru.
·
Membuat
dua kelompok benda yang tidak sama banyak.
·
Membandingkan
tiap kelompok melalui istilah lebih banyak
·
Secara
bergiliran siswa membandingkan dua kelompok
benda yang tidak sama banyak dengan istilah lebih banyak.
·
Mencari
data melalui survey di lingkungan sekolah tentang benda-benda yang ditemukan.
·
Melakukan
diskusi sederhana tentang contoh-contoh benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·
Mengerjakan
lembar kerja, secara berkelompok dengan bimbingan guru.
Pertemuan ke empat 2 x 35 mnt.( Bahasa Indonesia, Matematika, B.Sunda )
·
Mengamati
gambar seri yang menceritakan tentang peristwa di jalan raya .
·
Menyusun
kalimat yang sesuai dengan gambar seri.
·
Melakukan
tanya jawab seputar isi dari cerita dibalik gambar.
·
Mencari
kalimat lain untuk gambar yang sama agar lebih pariatif dalam menggambarkan
suatu peristiwa.
·
Memperhatikan
kelompok benda yang telah disiapkan oleh guru.
·
Membuat
dua kelompok benda yang tidak sama banyak.
·
Membandingkan
tiap kelompok melalui istilah lebih sedikit
·
Secara
bergiliran siswa membandingkan dua kelompok
benda yang tidak sama banyak dengan istilah lebih sedikit.
·
Memperhatikan
kalimat sederhana yang ditulis guru,
yang terdiri dari 2 kata.
·
Membaca
kalimat sederhana tersebut dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Membaca
secara individual, setiap siswa bergiliran untuk melafalkan kalimat tersebut.
·
Membaca kalimat sederhana secara klasikal dengan
suara nyaring.
·
Melakukan
tanya jawab tentang arti dari tiap kalimat tersebut.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa
Indonesia)
·
Memperhatikan
model ( gambar bianatang) yang
diperlihatkan guru.
·
Menyebutkan
nama dari tiap binatang, tempat hidupnya, warna bulu/ kulitnya.
·
Menyebutkan
makanan dari tiap binatang yang diperlihatkan.
·
Mengelompokkan
nama binatang menurut makanannya.
·
Mengerjakan
Lembar Kerja tentang ” Sato jeung kadaharanana”
·
Memperhatikan
kelompok benda yang telah disiapkan oleh guru.
·
Membuat
dua kelompok benda yang tidak sama banyak.
·
Membandingkan
tiap kelompok melalui istilah sama banyak ( sama dengan )
·
Secara
bergiliran siswa membandingkan dua kelompok
benda yang tidak sama banyak dengan istilah sama banyak. ( sama dengan )
·
Membaca
naskah percakapan yang terdiri dari 5 -6 baris yang sesuai dengan tema dengan intonasi dan pelafalan yang baik.
·
Mencoba melafalkan teks percakapan “di luar
kepala”
·
Memperagakan
percakapan tanpa melihat teks .
·
Memberikan
tanggapan positif untuk teman yang sudah
tampil ke depan.
·
Memberikan
penghargaan untuk teman yang tampil memuaskan dengan memberikan tepuk tangan.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit
(IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa -
Indonesia)
·
Diawali cerita guru tentang masa kecil atau tentang
peristiwa yang berkesan, siswa termotivasi untuk menceritakan peristiwa yang
pernah dialaminya.
·
Secara bergilir untuk anak yang mempunyai
keberanian , menceritakan pengalaman/ peristiwa yang berkesan kepada
teman-temannya.
·
Siswa
lain memberi tanggapan terhadap penampilan temannya.
·
Menceritakan
sebuah pengalaman yang berkesan, atau benda yang disukai.
·
Menggambarkan
sebuah peristiwa melalui gambar ekspresi.
·
Menceritakan
isi gambar dengan bahasa sendiri.
·
Memberi warna yang diaukai dan sesuai dengan
peristiwa atau benda sebenarnya.
·
Membaca naskah percakapan yang terdiri dari 5 -6
baris yang sesuai dengan tema dengan
intonasi dan pelafalan yang baik.
·
Mencoba melafalkan teks percakapan “di luar
kepala”
·
Memperagakan
percakapan tanpa melihat teks .
·
Memberikan
tanggapan positif untuk teman yang sudah
tampil ke depan.
·
Memberikan
penghargaan untuk teman yang tampil memuaskan dengan memberikan tepuk tangan.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( PKn, IPA, Matematika)
·
Melalui
diskusi kelompok yang sederhana, siswa mencari informasi tentang hal-hal yang
pernah diterima dari orang tua sebagai hak anak dalam keluarga.
·
Melaporkan
hasil diskusi di hadapan teman-teman dan guru.
·
Memberikan
tanggapan positip untuk setiap kelompok.
·
Melalui
pengamatan pada model dan demontrasi
siswa dapat menemukan fakta bahwa beberapa bentuk benda sulit bergerak.
·
Melalui
demontrasi siswa membuktikan bahwa benda sulit bergerak karena pengaruh bentuk.
·
Mencari
penyebab/ pengaruh dari sulitnya suatu benda bergerak
·
Mengerjakan
Lembar kerja siswa secara berkelompok.
·
Melalui
benda yang diperlihatkan guru, siswa membilang banyak benda.
·
Mencari
kartu bilangan yang tepat dengan banyak benda tersebut ( bilangan 21 – 50 ).
·
Memperhatikan
bilangan yang diperlihatkan guru melalui kartu bilangan.
·
Membaca
nama bilangan tersebut..
·
Melakukan
hal yang sama dengan cara membilang benda dan mencari kartu bilngan yang tepat.
·
Menugaskan
siswa untuk menentukan banyak benda dan siswa lain untuk mencari kartu
bilangannya.
·
Membaca
tiap kartu bilangan dengan tepat.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Memperhatikan
wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan
tulis.
·
Membaca
dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
·
Membaca
kalimat secara individual, kelompok dan
klasikal dengan suara nyaring.
·
Membaca
dengan memperhatikan tempat jeda pendek.
·
Melakukan
tanya jawab tentang isi bacaan.
·
Diawali
cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk
mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
·
Menceritakan
pengalaman yang menyenangkan kepada
teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa
duduk dengan cara berkelompok.
·
Memberi tanggapan san sambutan positif bagi
siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang
masih malu
- Melalui benda yang diperlihatkan guru, siswa membilang banyak benda.
- Mencari kartu bilangan yang tepat dengan banyak benda tersebut.
- Memperhatikan bilangan yang diperlihatkan guru melalui kartu bilangan.
- Membaca nama bilangan tersebut dengan suara nyaring baik individual maupun klasikal.
·
Bilangan
yang telah dibacanya dengan benar ditulis di papan tulis dengan bentuk tulisan
yang benar
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika,
IPA )
·
Memperhatikan
wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan
tulis.
·
Membaca
dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
·
Membaca
kalimat secara individual, kelompok dan
klasikal dengan suara nyaring.
·
Membaca
dengan memperhatikan tempat jeda panjang .
·
Melakukan
tanya jawab tentang isi bacaan.
·
Menyebutkan
bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
·
Menuliskan
di udara bentuk bilangan 21 - 50
·
Menuliskan
bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
·
Membaca
nama bilangan yang tertera pada papan tulis.
·
Mengerjakan
latihan menuliskan lambang bilangan dan
membacanya secara
individual
dan klasikal.
·
Melalui pengamatan pada model dan demontrasi ,
siswa dapat menemukan fakta bahwa beberapa benda dapat bergerak dengan bantuan
tangan, kaki atau alat lain.
·
Melalui demontrasi siswa membuktikan bahwa benda
dapat bergerak karena benda lain.
·
Mengerjakan
LKS secara berkelompok
·
Melaporkan
hasil pengamatan dan diskusi.
·
Memberi
penilaian dan penghargaan pada tiap kelompok.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
(
Bahasa Indonesia, Matematika, Basa Sunda
)
·
Memperhatikan
wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan
tulis.
·
Membaca
dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
·
Membaca
kalimat secara individual, kelompok dan
klasikal dengan suara nyaring.
·
Membaca
dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·
Melakukan
tanya jawab tentang isi bacaan.
·
Menuliskan
bilangan secara acak.
·
Membaca bilangan – bilangan yang tertulis di
papan tulis.
·
Menyusun
( mengurutkan) bilangan dengan pola yang
teratur dari bilangan yang terkecil dengan benar.
·
Membaca
bilangan yang telah disusun secra berurut dari bilangan yang terkecil.
·
Menulis
bilangan yang telah berurutan.
·
Memperhatikan
model ( gambar seri/ tunggal peristiwa)
yang diperlihatkan guru dengan miara hayam.
·
Menceritakan
isi gambar seri/ tunggal dengan bahasa sendiri yang mudah dimengerti.
·
Membuat
kalimat yang sesuai dengan peristiwa yang ada pada gambar seri/ tunggal.
·
Melakukan
tanya jawab tentang isi gambart tunggal / seri .
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa
Indonesia )
·
Memperhatikan
model ( gambar seri/ tunggal peristiwa)
yang diperlihatkan guru dengan judul
miara ucing.
·
Menceritakan
isi gambar seri/ tunggal dengan bahasa sendiri yang mudah dimengerti.
·
Membuat
kalimat yang sesuai dengan peristiwa yang ada pada gambar seri/ tunggal.
·
Melakukan
tanya jawab tentang isi gambart tunggal / seri .
·
Menuliskan
bilangan secara acak.
·
Membaca bilangan – bilangan yang tertulis di
papan tulis.
·
Menyusun
( mengurutkan) bilangan dengan pola yang
teratur dari bilangan yang terkecil dengan benar.
·
Membaca
bilangan yang telah disusun secra berurut dari bilangan yang terkecil.
·
Menulis
bilangan yang telah berurutan.
·
Menyimak
penggalan cerita yang ditulis guru.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi
yang baik dan benar.
·
Menunjukkan
kata-kata khusus yang berhubungan dengan tema peristiwa.
·
Menuliskan
kata-kata khusus pada bauku tulis dan mencari artinya dengan bimbingan guru.
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit
( Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa-
Indonesia, IPS )
·
Menceritakan sebuah pengalaman yang berkesan,
atau benda yang disukai.
·
Menggambarkan
sebuah peristiwa melalui gambar ekspresi.
·
Menceritakan
isi gambar dengan bahasa sendiri.
·
Memberi warna yang diaukai dan sesuai dengan
peristiwa atau benda sebenarnya.
·
Memberi
tanggapan positif ( penilaian dari guru melalui lisan ) terhadap karya yang
bagus.
·
Memajang hasil karya semua siswa, siswa
memberikan penilaian terhadap hasil karya temannya.
·
Menyimak
penggalan cerita yang ditulis guru.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi
yang baik dan benar.
·
Menunjukkan
kata-kata khusus yang berhubungan dengan tema peristiwa.
·
Menuliskan
kata-kata khusus pada bauku tulis dan mencari artinya dengan bimbingan guru.
·
Diawali
cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk
mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
·
Menceritakan
pengalaman yang menyenangkan kepada
teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa
duduk dengan cara berkelompok.
·
Memberi tanggapan san sambutan positif bagi
siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang
masih malu
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
·
Melalui
pengamatan pada model dan demontrasi, siswa dapat menemukan fakta bahwa
beebrapa benda dapat bergerak dengan bantuan benda lain.
·
Mengerjakan tugas secara individual.
·
Menyampaikan
hasil tugas.
·
Melalui
diskusi sederhana dalam kelompok dan pengalaman , siswa mencari informasi
tentang hal-hal yang pernah diterima dari pihak sekolah ( guru, penjaga, Kepala
Sekolah, perpustakaan.
·
Mengelompokkan
informasi tersebutyang termasuk hak anak sebagai siswa pada sekolah tersebut.
·
Menjelaskan
bahwa yang diterima dari sekolah merupakan hak anak sebagai siswa pada sekolah
tersebut.
·
Menceritakan
pengalaman yang berhubungan dengan hak anak sebagai siswa.
·
Menuliskan
bilangan secara acak.
·
Membaca bilangan – bilangan yang tertulis di
papan tulis.
·
Menyusun
( mengurutkan) bilangan dengan pola yang
teratur dari bilangan yang terbesar
dengan benar.
·
Membaca
bilangan yang telah disusun secra berurut dari bilangan yang terbesar
·
Menulis
bilangan yang telah berurutan.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Memperhatikan
puisi yang dibacakan guru yang diambil dari syair lagu anak-anak yang terdiri
dari 5 baris.
·
Mendeklamasikan
puisi tersebut secara klasikal dengan intonasi dan lafal yang baik.
·
Mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi yang baik, melalui
gaya dan mimik yang wajar.
·
Diawali
cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk
mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
·
Menceritakan
pengalaman yang menyenangkan kepada
teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa
duduk dengan cara berkelompok.
·
Memberi tanggapan san sambutan positif bagi
siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang
masih malu
·
Menuliskan
beberapa bilangan dengan pola teratur loncat 2.
·
Membaca
bilangan loncat 2.
·
Menyebutkan bilangan selanjutnya ( loncat 2 ).
·
Melengkapi
urutan bilangan loncat 2 dengan benar.
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika,
IPA )
·
Memperhatikan
puisi yang dibacakan guru yang diambil dari syair lagu anak-anak yang terdiri
dari 5 baris.
·
Mendeklamasikan
puisi tersebut secara indiviadual dengan intonasi dan lafal yang baik tanpa
melihat buku.
·
Mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi yang baik, melalui
gaya dan mimik yang wajar.
·
Secara
bergiliran tampil ke depan kelas.
·
Menuliskan
beberapa bilangan dengan pola teratur loncat 3.
·
Membaca
bilangan loncat 3.
·
Menyebutkan bilangan selanjutnya ( loncat 3 ).
·
Melengkapi
urutan bilangan loncat 3 dengan benar.
·
Menuliskan
di buku latihan bilangan loncat 3 dengan benar.
- .Melalui pengamatan pada model dan demontrasi, siswa dapat menemukan fakta bahwa beebrapa benda dapat bergerak dengan bantuan benda lain.
- Mengerjakan tugas secara individual.
- Menyampaikan hasil tugas.
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit.( Bahasa Indonesia, Matematika, Basa Sunda )
·
Memperhatikan kalimat
yang ditulis di papan tulis
·
Membaca
kalimat yang ditulis di papan tulis.
·
Menyalin
kalimat yang ditulis di papan tulis dengan menggunakan huruf lepes terlebih
dahulu dengan memperhatikan bentuk
huruf.
·
Menyalin
kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
·
Menuliskan
beberapa bilangan dengan pola teratur loncat 4.
·
Membaca
bilangan loncat 4.
·
Menyebutkan bilangan selanjutnya ( loncat 4 ).
·
Melengkapi
urutan bilangan loncat 4 dengan benar.
·
Menuliskan di papan tulis bilangan loncat 4
·
Memperhatiakan kalimat lepas yang terdiri dari
dua kata, yang ditulis guru pada papan tulis , kalimat sesuai tema.
·
Mengikuti guru dalam membaca agar intonasi dan
pelafalannya baik.
·
Membaca sendiri tanpa bimbingan guru dengan suara nyaring secara klasikal
·
Secara
bergiliran siswa membacanya dengan intonasi dan pelafalan yang benar.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa
Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Memperhatiakan
kalimat lepas yang terdiri dari dua kata, yang ditulis guru pada papan tulis ,
kalimat sesuai tema.
·
Mengikuti
guru dalam membaca agar intonasi dan pelafalannya baik.
·
Membaca
sendiri tanpa bimbingan guru dengan
suara nyaring secara klasikal
·
Secara
bergiliran siswa membacanya dengan intonasi dan pelafalan yang benar.
·
Menuliskan
beberapa bilangan dengan pola teratur loncat 5.
·
Membaca
bilangan loncat 5.
·
Menyebutkan bilangan selanjutnya ( loncat 5 ).
·
Melengkapi
urutan bilangan loncat 5 dengan benar.
·
Mengerjakan soal latihan secara berkelompok.
·
Memperhatikan
kalimat yang didiktekan guru.
·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Membaca
kembali kalimat yang telah ditulis, agar terbaca oleh siswa sendiri, dan
diperbaiki bila ada kesalahan..
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (IPS, Seni Budaya dan
Keterampilan, Bahasa Indonesia)
·
Melakukan
percobaan untuk mengenal warna tambahan, dari paduan warna-warna dasar dengan
menggunakan cat air.
·
Menyebukan warna baru hasil dari paduan 2 warna
dasar yang berbeda.
·
Mewarnai
bentuk dengan warna tambahan.
·
Memperhatikan
puisi yang ditulis guru di papan tulis.
·
Memperhatikan
bentuk huruf setiap kalimat.
·
Memberi
tanda untuk huruf yang harus menggunakan huruf besar.
·
Menuliskan
puisi tersebut pada buku tulisan dengan bentuk huruf yang baik dan benar.
C. Kegiatan akhir
·
Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·
Melakukan
tanya jawab dengan pemberian reeward.
·
Mengerjakan
post tes
·
Pemberian
PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
·
Alat Peraga :
1.
Aneka
benda yang berbeda bentuk dan warna .
2.
Gambar
anak yang sedang berada di rumah, di sekolah..
3.
Kartu
huruf
4.
Kartu
bilangan.
5.
Manik-manik,
kelereng, batu-batuan, kerang.
6.
Kertas
gambar dan pewarna, contoh gambar ekspresi tentang alam
sekitar.
VI. Penilaian
Teknik Tes :
·
Tes
lisan.
1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat
dalam diskusi kecil..
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak
pertanyaan.
·
Tes
tertulis
1. Pilihan ganda
2. Isian.
3. Uraian
·
Tes
perbuatan.
1.
Kebenaran
gerakan dengan perintah
2.
Keseriusan
dalam melaksanakan perintah
Bentuk Tes :
1. Objektif tes
2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
·
LKS
·
Lembar
observasi.
Bentuk
Soal / LKS
PKn
Nama kelompok
:
Anggota kelompok :
1.
...................
2.
...................
3.
...................
4.
...................
5.
...................
Ayo isi
bersama-sama daftar di bawah ini, kalian boleh bertanya pada siapa saja !
Bertanyalah
dengan sopan !
NO
|
Hak anak di rumah
|
Hak anak di sekolah
|
1
|
Mendapat kasih
sayang
|
Mendapat
pelajaran dari guru
|
2
|
....................................
|
...................................................
|
3
|
....................................
|
...................................................
|
4
|
....................................
|
..................................................
|
5
|
...................................
|
..................................................
|
IPA
Setelah kalian melakukan
percobaan sederhana, Ayo kalian isi bersama kelompokmu daftar di bawah ini !
No
|
Benda yang mudah bergerak
|
Benda yang sulit bergerak
|
1
|
bola
|
meja
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
Nama kelompok
:
Anggota kelompok :
1...................
2...................
3...................
4...................
5...................
Mengetahui, .....................,
............... 2009
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Tematik
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar