RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
NEGERI 2 MENGWI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 5. Mamahami sifat-sifat kubus, balok, prisma,
limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 5.1. Mengidentifikasi sifat-sifat
kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur kubus, balok,
prisma, dan limas: titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang,
diagonal ruang, bidang diagonal, tinggi.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Kubus,
Balok, Prisma dan Limas Tegak, yaitu mengenai mengenal unsur-unsur kubus,
balok, prisma dan limas tegak.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara Peserta didik
diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai unsur-unsur
kubus, balok, prisma, dan limas: titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal
bidang, diagonal ruang, bidang diagonal, tinggi, kemudian antara peserta didik
dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku
Matematika SMP Kelas VIII Semester 2, mengenai mengenal unsur-unsur kubus dan
balok, serta mengenai mengidentifikasi unsur-unsur prisma tegak dan limas
tegak).
F Peserta didik
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai unsur-unsur kubus, balok,
prisma, dan limas: titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang,
diagonal ruang, bidang diagonal, tinggi.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi
kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan”
dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika SMPKelas VIII Semester 2.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
·
Menyebutkan unsur-unsur kubus,
balok, prisma, dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal
ruang, bidang diagonal.
|
Tes tertulis
|
Daftar
pertanyaan
|
![]()
T U
S R
P Q
Perhatikan balok
PQRS-TUVW.
a.
Sebutkan rusuk-rusuk tegaknya!
b. Sebutkan diagonal ruangnya!
Sebutkan bidang alas dan atasnya!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs
…………….
( SMP NEGERI 2
MENGWI............................ )
NIP/NIK
:…………..……………….
|
|
.........,
......, ............... 20...
Guru Mapel
Matematika.
( SMP NEGERI 2
MENGWI............... )
NIP/NIK
:…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
NEGERI 2 MENGWI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
5.
Mamahami sifat-sifat kubus,
balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 5.2. Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan
limas.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
-
Pertemuan Pertama dan Kedua.
Peserta didik dapat membuat jaring-jaring kubus, balok,
prisma tegak, dan limas tegak.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Menggambar
kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama dan
Kedua
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara membuat jaring-jaring
kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak (Bahan: buku paket, yaitu buku
Matematika SMP Kelas VIII Semester 2, mengenai menggambar kubus dan balok, dan
yaitu menggambar prisma dan limas tegak), kemudian antara peserta didik dan
guru mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara membuat
jaring-jaring kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai menggambar kubus dan balok, dan
mengenai menggambar prisma dan limas tegak, kemudian peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai penggambaran kubus dan balok, dan mengenai penggambaran prisma dan
limas, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa
jawaban soal tersebut.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Alat dan
Sumber Belajar.
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika SMP Kelas VIII Semester 2.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
·
Membuat jaring-jaring
- kubus
- balok
- prisma tegak
- limas
|
Unjuk kerja
|
Tes uji
petik kerja
|
·
Dengan
menggunakan karton manila, buatlah model:
a.
balok
b.
kubus
c.
limas
·
Buatlah gambar
jaring-jaring kubus yang panjang rusuknya 5 satuan.
·
Buatlah gambar jaring-jaring
prisma segitiga tegak ABC.DEF
dengan panjang sisi-sisi segitiga 3 cm, 4 cm, dan 5 cm, serta tinggi 6 cm.
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs
…………….
( SMP NEGERI 2 MENGWI............................
)
NIP/NIK
:…………..……………….
|
|
.........,
......, ............... 20...
Guru Mapel
Matematika.
( SMP NEGERI 2
MENGWI............... )
NIP/NIK
:…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
NEGERI 2 MENGWI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
5. Mamahami
sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 5.3. Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok,
prisma dan limas.
Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran (8
pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
-
Pertemuan Pertama Kedua, ketiga dan. Keempat.
a. Peserta didik
dapat menggunakan rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma
tegak, dan limas tegak.
-
Pertemuan kelima, keenam dan ketujuh..
a. Peserta didik
dapat menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan
limas tegak.
-
Pertemuan kedelapan.
a. Peserta didik
dapat mengerjakan
soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai
kubus, balok, prisma dan limas tegak.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
a. Menghitung
luas permukaan (sisi) kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
b. Menemukan dan menghitung volume
kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama Kedua, ketiga
dan keempat
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan
Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menggunakan rumus untuk
menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak (Bahan:
buku paket, yaitu buku Matematika SMPKelas VIII Semester 2, mengenai menghitung
luas permukaan (sisi) kubus dan balok,.dan
mengenai menemukan dan menghitung rumus luas permukaan prisma dan limas
tegak), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menggunakan
rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas
tegak.
F Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara
menghitung luas permukaan balok, mengenai cara menghitung luas permukaan
prisma, dan mengenai cara menghitung luas permukaan limas segiempat beraturan.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai penemuan rumus
luas permukaan (sisi) kubus dan balok,. mengenai penemuan rumus luas permukaan
(sisi) prisma, dan mengenai penemuan rumus luas permukaan (sisi) limas
segiempat tegak.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan”
dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas
Ø
Pertemuan kelima, keenam dan ketujuh
Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan
Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara Peserta didik
diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menggunakan
rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak
(Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMPKelas VIII Semester 2, mengenai
menemukan volume kubus dan balok, dan mengenai menemukan dan menghitung rumus
volume prisma dan limas tegak), kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menggunakan
rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
F Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara
menghitung volume balok, mengenai cara menghitung volume prisma, dan mengenai
cara menghitung volume limas tegak.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 259-260 mengenai
penemuan rumus volume limas.
F Peserta didik mengerjakan
soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal.229 mengenai penghitungan
volume kubus dan balok, mengenai penghitungan volume prisma, dan mengenai
penghitungan tinggi limas jika alas dan tinggi serta volume limas diketahui.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dalam buku paket.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai penghitungan volume kubus dan balok, mengenai penghitungan volume prisma
tegak, dan mengenai penghitungan volume limas tegak, kemudian peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F Peserta didik diingatkan
untuk mempelajari kembali materi mengenai kubus, balok, prisma dan limas tegak untuk
menghadapi ulangan pada pertemuan berikutnya.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik dan guru
menyimak dan membahas “Refleksi Matematika“ pada.
F Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan”
dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas, serta soal-soal
dari “Evaluasi Mandiri“, serta
“Portofolio“.
Ø
Pertemuan kedelapan.
Pendahuluan : Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan
soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai
kubus, balok, prisma dan limas tegak.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diminta untuk
menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena
akan diadakan ulangan harian.
F materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik diberikan
lembar soal ulangan harian.
F Peserta didik diingatkan
mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa
ada sanksi bila peserta didik mencontek.
F Guru mengumpulkan kertas
ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMPKelas VIII Semester 2.
- Buku
referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
·
Menemukan rumus luas permukaan
kubus, balok, limas dan prisma tegak
·
Menghitung luas permukaan
kubus, balok, prisma dan limas
·
Menentukan rumus volume kubus,
balok, prisma, limas
·
Menghitung volume kubus, balok,
prisma, limas.
|
Tes lisan
Tes tertulis
Tes lisan
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
Uraian
Daftar Pertanyaan
Tes pilihan ganda
|
·
Sebutkan rumus luas permukaan
kubus jika rusuknya x cm.
·
Sebutkan rumus luas permukaan
prisma yang alasnya jajargenjang dengan panjang alas a cm dan tingginya b cm.
Tinggi prisma t cm.
·
Suatu prisma tegak sisi tiga
panjang rusuk alasnya 6 cm dan tingginya 8 cm. Hitunglah luas permukaan
prisma.
·
Sebutkan rumus volume:
a) kubus
dengan panjang rusuk x cm.
b) balok
dengan panjang pcm, lebar lcm, dan tinggi t cm.
·
Suatu limas tegak sisi-4
alasnya berupa persegi dengan panjang sisi 9 cm. Jika tinggi limas 8 cm maka
volume limas :
A.
206 cm
B.
216 cm
C.
261 cm
D.
648 cm
·
Ukuran sebuah
batu bata adalah 10 cm
![]() ![]()
·
Luas sisi
limas dengan alas persegi adalah 384
![]()
a. 6 m c. 10 m
b. 8 m d. 12 m
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs
…………….
( SMP NEGERI 2
MENGWI............................ )
NIP/NIK
:…………..……………….
|
|
.........,
......, ............... 20...
Guru Mapel
Matematika.
( SMP NEGERI 2
MENGWI............... )
NIP/NIK
:…….…………….
|
Artikel Terkait:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN %28RPP%29
- FORMULIR JEJAK ALUMNI JURUSAN MATEMATIKA FPMIPA IKIP PGRI BALI
- RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX terbaru
- Silabus dan RPP SMP berkarakter terbaru
- Profil Admin
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) bahasa bali
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Bahasa Bali
- Penggunaan metode dalam RPP
- RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran)
- paper INTERFERENSI DAN INTEGRASI BAHASA
- paper “Interferensi Bahasa Indonesia Terhadap Bahasa Daerah Dalam Tinjauan Sosiolinguistik”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar