RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X / 1 (satu)
Alokasi Waktu
: 2x 45 menit (1 x pertemuan)
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara
tingkat semenjana
Kompetensi
Dasar : 1.2 Menyimak untuk memahami informasi lisan
dalam konteks
bermasyarakat
Indikator : 1. Pengenalan laras / ragam bahasa Indonesia.
2. Pembedaan proses dan hasil dengan
memperhatikan ciri dan
penanda kata/kalimat
I.Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa
dapat mengenal ragam/laras bahasa
2. Siswa dapat membedakan proses dan hasil dengan
memperhatikan
ciri dan penanda kata/kalimat.
II. Materi Pembelajaran : 1. Konsep dan cirri-ciri ragam / laras yang
disertai contoh.
2.
Identifikasi ragam/laras bahasa yang tepat/tidak tepat.
3.
Ciri atau penanda kata/kalimat yang menunjukkan proses atau
hasil.
4. Pengenalan dengan cepat dan mantap
informasi yang
menunjukkan proses atau hasil.
III. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2.Tanya
jawab
3.Penugasan
dan belajar mandiri
IV. Kegiatan Pembelajaran
A.Pendahuluan
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Pelibatan
(Engagement)
|
- Presensi
- Guru mengajak siswa
mengingat kembali
materi
yang sudah
diajarkan
sebelumnya, dengan jalan
memberikan
pertanyaan
kepada siswa sesuai
dengan
kompetensi dasar
- Setelah tanya jawab dan
menegaskan kembali tentang
materi yang sudah diajarkan,
guru
mengarahkan siswa ke
materi berikutnya yang
merupakan lanjutan dari
kompetensi dasar yang
sudah diajarkan sebelumnya
|
-
Siswa menjawab
setiap
pertanyaan yang diberikan
guru sesuai dengan
kemampuannya
-
Siswa
mendengarkan
penjelasan guru sambil
mempersiapkan perlengkapan belajar
|
15menit
|
B.Kegiatan Inti
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Waktu
|
Eksplorasi
(Exploration)
|
- Guru menjelaskan tentang
pengertian ragam
bahasa,
variasi bahasa
menurut
penuturnya, variasi
bahasa
menurut penyampaiannya, dan membedakan proses dan hasil dengan memperhatikan
ciri atau penanda
kata/
kalimat
|
-
Siswa
mendengarkan
penjelasan guru untuk
nantinya dapat
memberikan
penjelasan tentang
ragam
bahasa, variasi
bahasa
menurut penuturnya,
variasi
bahasa menurut cara
penyampaiannya, dan
membedakan proses dan
hasil dengan
memperhatikan
ciri atau penanda
kata/
kalimat
|
45 menit
|
Elaborasi
(Elaboration)
|
- Guru menyuruh siswa
menyimak sambil mencatat
penjelasan tentang pengertian
ragam bahasa, variasi bahasa
menurut penuturnya, variasi
bahasa menurut cara
penyampaiannya, dan
membedakan proses dan hasil
dengan memperhatikan ciri
atau penanda kata/kalimat
|
-
Siswa mencatat
penjelasan yang disampaikan
guru tentang pengertian ragam bahasa, variasi bahasa menurut penuturnya, variasi
bahasa menurut cara penyampaiannya
dan membedakan proses
dan hasil dengan memperhatikan ciri atau
penanda kata/kalimat
|
|
Konfirmasi
(Confirmation)
|
- Guru menegaskan kembali
tentang
materi yang sudah
diajarkan
dan memotivasi
siswa
untuk tetap belajar dan
mencoba
disetiap ada
kesempatan
|
-
Siswa mencoba
cara yang
diberikan guru
|
|
C.Penutup
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Penilaian
(Asessment)
|
-
Guru memberikan
umpan
balik terhadap proses
dan
hasil pembelajaran,
dengan
jalan memberikan evaluasi dalam bentuk tertulis (uraian)
-
Guru
menindaklanjuti hasil
evaluasi tersebut
dengan
memberikan tes lisan
terhadap siswa
yang nilainya di bawah KKM
|
-
Siswa
mengerjakan evaluasi yang diberikan oleh guru
-
Siswa yang
nilainya di bawah
KKM memanfaatkan
kesempatan yang
diberikan
guru untuk
mendapatkan
nilai tambah
|
30 menit
|
V. Sumber
Belajar
1.
Rekaman
2.
Nara
sumber
3.
Modul/ tingkat semenjana
4.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
VI.
Penilaian
1.
Teknik penilaian
: - tes tertulis
2.
Bentuk instrumen
: - soal uraian
Soal Uraian
Jawablah dengan singkat, jelas, tetapi tepat untuk soal-soal di bawah ini !
1.
Sebutkan 2 (dua) faktor
yang mempengaruhi timbulnya ragam bahasa !
2.
Sebutkan bagian-bagian dari kedua faktor yang
mempengaruhi timbulnya ragam bahasa
tersebut !
3.
Jelaskan ciri-ciri ragam bahasa baku !
4.
Buatlah sebuah
kalimat yang menggunakan imbuhan yang menyatakan hasil !
5.
Buatlah sebuah kalimat yang menggunakan imbuhan yang
menyatakan proses !
6.
Bacalah potongan wacana berikut, lalu tentukan pola
penyajiannya termasuk pola proses-hasil atau hasil proses !
1)
Penyandang cacat binaan
Dinas Sosial banyak yang berhasil menjadi manusia yang mandiri dan hidup secara
layak tanpa menjadi beban bagi pihak lain. Itulah hasil kerja Dinas Sosial yang
selama ini giat melakukan pembinaan
terhadap para penyandang cacat dengan cara memberikan aneka kecakapan hidup,
seperti membuat sapu, memijat, dan lain-lain.
2)
Dengan sabar ia berlatih dan berlatih tanpa mengenal
lelah. Pagi, sore, siang, malam ia terus berlatih . Ibunya dengan setia
menemani dan sesekali mengkritik ekspresi dan vokalnya. Berkat ketekunannya
berlatih, kejuaraan pun dapat diraih.
3)
Pemilihan presiden secara langsung merupakan pengalaman
pertama bagi bangsa Indonesia.
Sistem pemilihan presiden yang sudah lama diidam-idamkan itu baru bias terwujud
setelah reformasi bergulir selama lima tahun. Sistem itu
dapat menghasilkan presiden yang benar-benar merupakan pilihan mayoritas
rakyat.
**********
Kunci Jawaban untuk Soal Uraian Pertemuan
Kedua
1.
1) Faktor yang
dilihat dari segi penutur;
2)
Faktor dilihat dari segi cara penyampaiannya.
2.
1) Dilihat dari
segi penutur :
-
variasi menurut daerah yang disebut dengan logat atau
dialek;
-
variasi menurut pendidikan, dapat dilihat dari ragam
orang yang berpendidikan dan yang tidak berpendidikan.
-
variasi menurut sikap penutur, dapat dibedakan antara
ragam resmi dan ragam santai/gaul. Variasi seperti ini sering disebut langgam,
laras atau gaya.
2)
Dilihat dari segi cara penyampaiannya, ragam bahasa ada dua, yaitu :
- ragam lisan/bahasa lisan memiliki intonasi
lengkap, yang tidak seluruhnya dapat diungkapkan dalam bahasa tulis;
- ragam tulis mengenal huruf kapital, huruf
miring,tanda baca, paragraf, yang tidak ada padanannya dalam bahasa lisan.
3.
Ciri-ciri ragam bahasa baku :
1)
pada umumnya mengacu pada bahasa orang
terdidik/terpelajar;
2)
diterima untuk
berkomunikasi dalam situasi resmi/formal baik lisan maupun tulis;
3)
tidak menampakkan ciri kedaerahan atau asing.
4.
Imbuhan yang menyatakan
hasil sering ditandai dengan kata yang berakhiran dengan –an.
Contoh : -
Tulisan-tulisan karya Budi
Darma banyak dimuat di majalah dan surat
kabar.
Tulisan artinya hasil dari pekerjaan menulis
5.
Imbuhan yang menyatakan
proses ditandai dengan kata yang berimbuhan pe-an.
Contoh : - Pendidikan yang
dilaksanakan oleh calon anggota OSIS itu sudah berlangsung dua bulan.
Pendidikan artinya proses mendidik
6.
1) Pola penyajian
yang digunakan proses-hasil.
2) Pola penyajian yang digunakan hasil-proses.
3)
Pola penyajian yang digunakan proses-hasil.
**********
Aspek Penilaian
Nomor
Soal
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
-
jawaban semua
benar
-
benar satu
-
jawaban semua
salah
|
2
1
0
|
2
|
1) - jawaban
semua benar
- benar dua
- benar satu
- jawaban semua salah
2) - jawaban
semua benar
- benar satu
- jawaban salah semua
|
3
2
1
0
2
1
0
|
3
|
-
jawaban semua
benar
-
benar dua
-
benar satu
-
jawaban salah
semua
|
3
2
1
0
|
4
|
-
jawaban benar
-
jawaban salah
|
1
0
|
5
|
-
jawaban benar
-
jawaban salah
|
1
0
|
6
|
1) - jawaban
benar
- jawaban salah
2) - jawaban
benar
- jawaban salah
3) - jawaban
benar
- jawaban salah
|
1
0
1
0
1
0
|
Jumlah
skor maksimal adalah 15
Nilai maksimal adalah 100
Skor
Perolehan
Nilai siswa :
____________________ X 100
Skor
Maksimal
Denpasar, September 2011
Guru Pamong
Mahasiswi PPL
( Putu Asri
Handayani,Spd)
(Ida Ayu Made Putri Sugiari)
Mengetahui
Kepala SMK PGRI 4 Denpasar
(Drs.I Ketut Suarya, Mpd)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar