Rabu, 30 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) bahasa indonesia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)





Mata Pelajaran                 :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                :   X / 1 (satu)
Alokasi Waktu                 :   2x 45 menit (1 x pertemuan)

Standar Kompetensi         :  Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
                                   
Kompetensi Dasar            :  1.2 Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks
                                                   bermasyarakat
Indikator                           :  1. Pengenalan laras / ragam bahasa Indonesia.
                      
                                             2. Pembedaan proses dan hasil dengan memperhatikan ciri dan

                     penanda kata/kalimat

I.Tujuan Pembelajaran :  
                                                                                                                                                     
                                            1.  Siswa  dapat mengenal ragam/laras bahasa
                                2.  Siswa dapat membedakan proses dan hasil dengan 
                                 memperhatikan ciri   dan penanda kata/kalimat.


 II. Materi Pembelajaran  :  1.  Konsep dan cirri-ciri ragam / laras yang disertai contoh.
                                            2. Identifikasi ragam/laras bahasa yang tepat/tidak tepat.
                                            3. Ciri atau penanda kata/kalimat yang menunjukkan proses atau
                                                hasil.
                                            4. Pengenalan dengan cepat dan mantap informasi yang
                                                menunjukkan proses atau hasil.

 III. Metode Pembelajaran        :  1. Ceramah
2.Tanya jawab
3.Penugasan dan belajar mandiri



IV.  Kegiatan Pembelajaran
      
        A.Pendahuluan
         Tahap
           Kegiatan Guru
           Kegiatan Siswa
Waktu
Pelibatan
(Engagement)
-     Presensi
-     Guru mengajak siswa
mengingat kembali materi
yang sudah diajarkan
sebelumnya,  dengan jalan
memberikan pertanyaan
kepada siswa sesuai dengan
kompetensi dasar
-     Setelah tanya jawab dan
menegaskan kembali   tentang  materi yang sudah     diajarkan, guru
mengarahkan siswa ke
materi berikutnya yang
merupakan lanjutan dari
kompetensi dasar yang
sudah diajarkan sebelumnya

-          Siswa menjawab setiap
pertanyaan yang diberikan
guru sesuai dengan
kemampuannya



-          Siswa mendengarkan
penjelasan guru sambil
mempersiapkan              perlengkapan belajar
15menit
       B.Kegiatan Inti
      Tahap
           Kegiatan Guru
           Kegiatan Siswa
Waktu
Eksplorasi
(Exploration)
-      Guru menjelaskan tentang
pengertian ragam bahasa,
variasi bahasa menurut
penuturnya, variasi bahasa
menurut   penyampaiannya,       dan membedakan proses dan  hasil dengan memperhatikan
ciri atau penanda kata/
kalimat
-          Siswa mendengarkan
penjelasan guru untuk
nantinya dapat memberikan
penjelasan tentang ragam
bahasa, variasi bahasa
menurut penuturnya, variasi
bahasa menurut cara
penyampaiannya, dan
membedakan proses dan
hasil dengan memperhatikan
ciri atau penanda kata/
kalimat
45 menit
 Elaborasi
(Elaboration)
-      Guru menyuruh siswa
menyimak sambil  mencatat
penjelasan tentang pengertian
ragam bahasa, variasi bahasa
menurut penuturnya, variasi
bahasa menurut cara
penyampaiannya, dan
membedakan proses dan hasil
dengan memperhatikan ciri
atau penanda kata/kalimat                               
-          Siswa mencatat penjelasan    yang disampaikan guru     tentang pengertian ragam  bahasa, variasi bahasa          menurut penuturnya, variasi bahasa  menurut cara penyampaiannya
dan membedakan proses
dan hasil dengan              memperhatikan ciri atau
penanda kata/kalimat

 Konfirmasi
(Confirmation)
-    Guru menegaskan kembali
tentang materi yang sudah
diajarkan dan memotivasi
siswa untuk tetap belajar dan
mencoba disetiap ada
kesempatan
-          Siswa mencoba cara yang
diberikan guru

  C.Penutup

       Tahap
           Kegiatan Guru
            Kegiatan Siswa
Waktu
Penilaian
(Asessment)
-          Guru memberikan umpan
balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran, dengan
jalan memberikan evaluasi         dalam  bentuk                      tertulis (uraian)
-          Guru menindaklanjuti hasil
evaluasi tersebut dengan
memberikan tes lisan
terhadap siswa yang         nilainya di bawah KKM
-          Siswa mengerjakan evaluasi          yang  diberikan oleh guru




-          Siswa yang nilainya di bawah
KKM memanfaatkan
kesempatan yang diberikan
guru untuk mendapatkan
nilai tambah
30 menit

V.  Sumber Belajar

1.      Rekaman
2.      Nara sumber
3.      Modul/ tingkat semenjana
4.      Kamus Besar Bahasa Indonesia

VI. Penilaian

1.      Teknik penilaian   : - tes tertulis

2.      Bentuk instrumen  : - soal uraian

     

Soal Uraian Jawablah dengan singkat, jelas, tetapi tepat untuk soal-soal di bawah ini !

1.      Sebutkan 2 (dua) faktor  yang mempengaruhi timbulnya ragam bahasa !

2.      Sebutkan bagian-bagian dari kedua faktor yang mempengaruhi timbulnya ragam bahasa  tersebut !

3.      Jelaskan ciri-ciri ragam bahasa baku !

4.      Buatlah sebuah  kalimat yang menggunakan imbuhan yang menyatakan hasil !

5.      Buatlah sebuah kalimat yang menggunakan imbuhan yang menyatakan proses !

6.      Bacalah potongan wacana berikut, lalu tentukan pola penyajiannya termasuk pola proses-hasil atau hasil proses !
1)      Penyandang cacat binaan Dinas Sosial banyak yang berhasil menjadi manusia yang mandiri dan hidup secara layak tanpa menjadi beban bagi pihak lain. Itulah hasil kerja Dinas Sosial yang selama ini giat melakukan pembinaan terhadap para penyandang cacat dengan cara memberikan aneka kecakapan hidup, seperti membuat sapu, memijat, dan lain-lain.

2)      Dengan sabar ia berlatih dan berlatih tanpa mengenal lelah. Pagi, sore, siang, malam ia terus berlatih . Ibunya dengan setia menemani dan sesekali mengkritik ekspresi dan vokalnya. Berkat ketekunannya berlatih, kejuaraan pun dapat diraih.

3)      Pemilihan presiden secara langsung merupakan pengalaman pertama bagi bangsa Indonesia. Sistem pemilihan presiden yang sudah lama diidam-idamkan itu baru bias terwujud setelah reformasi bergulir  selama lima tahun. Sistem itu dapat menghasilkan presiden yang benar-benar merupakan pilihan mayoritas rakyat.


                                          **********



Kunci Jawaban untuk Soal Uraian Pertemuan Kedua

1.      1)   Faktor yang dilihat dari segi penutur;
2)      Faktor dilihat dari segi cara penyampaiannya.

2.      1)   Dilihat dari segi penutur :
-          variasi menurut daerah yang disebut dengan logat atau dialek;
-          variasi menurut pendidikan, dapat dilihat dari ragam orang yang berpendidikan dan yang tidak berpendidikan.
-          variasi menurut sikap penutur, dapat dibedakan antara ragam resmi dan ragam santai/gaul. Variasi seperti ini sering disebut langgam, laras atau gaya.

2)   Dilihat dari segi cara penyampaiannya, ragam bahasa ada dua, yaitu :
-     ragam lisan/bahasa lisan memiliki intonasi lengkap, yang tidak seluruhnya dapat diungkapkan dalam bahasa tulis;
-     ragam tulis mengenal huruf kapital, huruf miring,tanda baca, paragraf, yang tidak ada padanannya dalam bahasa lisan.

3.      Ciri-ciri ragam bahasa baku :
1)      pada umumnya mengacu pada bahasa orang terdidik/terpelajar;
2)      diterima untuk  berkomunikasi dalam situasi resmi/formal baik lisan maupun tulis;
3)      tidak menampakkan ciri kedaerahan atau asing.

4.      Imbuhan yang menyatakan hasil sering ditandai dengan kata yang berakhiran dengan –an.
Contoh : -  Tulisan-tulisan karya Budi Darma banyak dimuat di majalah dan surat kabar.
                   Tulisan artinya hasil dari pekerjaan menulis

5.      Imbuhan yang menyatakan proses ditandai dengan kata yang berimbuhan pe-an.
Contoh : -  Pendidikan yang dilaksanakan oleh calon anggota OSIS itu sudah berlangsung dua    bulan.
                   Pendidikan artinya proses mendidik

6.      1)  Pola penyajian yang digunakan proses-hasil.
2) Pola penyajian yang digunakan hasil-proses.
3)   Pola penyajian yang digunakan proses-hasil.
                           

                                                        **********

                       Aspek Penilaian

Nomor
Soal
                     Uraian
   Skor
       1
-          jawaban semua benar
-          benar satu
-          jawaban semua salah
        2
        1
        0
      2
1)      -  jawaban semua benar
-  benar dua
-  benar satu
-  jawaban semua salah

2)      -  jawaban semua benar
-  benar satu
-  jawaban salah semua
        3
        2
        1
        0

        2
        1
        0
      3
-          jawaban semua benar
-          benar dua
-          benar satu
-          jawaban salah semua
        3
        2
        1
        0
      4
-          jawaban benar
-          jawaban salah
        1
        0
      5
-          jawaban benar
-          jawaban salah
        1
        0
       6
1)      -  jawaban benar
-  jawaban salah

2)      -  jawaban benar
-  jawaban salah

3)      -  jawaban benar
-  jawaban salah

        1
        0

        1
        0

        1
        0

       Jumlah skor maksimal adalah 15
       Nilai maksimal adalah 100

                                           Skor Perolehan
       Nilai siswa    :     ____________________    X    100     
                                    Skor Maksimal 

                                                     


       









                                                                              Denpasar, September 2011
       Guru Pamong                                                                                       Mahasiswi PPL





( Putu Asri Handayani,Spd)                                                          (Ida Ayu Made Putri Sugiari)      






                                                         Mengetahui 
                                             Kepala SMK PGRI 4 Denpasar




                                        (Drs.I Ketut Suarya, Mpd)                      











Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar