Rabu, 30 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) bahasa indonesia 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)





Mata Pelajaran                 :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                :   X / 1 (satu)
Alokasi Waktu                 :   2x 45 menit (1 x pertemuan)

Standar Kompetensi         :  Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
                                   
Kompetensi Dasar            :  1.2 Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks
                                                   bermasyarakat

Indikator                           :  1.  Pengidentifikasian sumber informasi sesuai dengan wacana

                                 2.  Pencatatan isi pokok informasi dan uraian lisan yang bersifat
                                                                                                                                                                                          faktual, spesifik dan rinci


I.  Tujuan Pembelajaran    :   1.   Siswa dapat mengidentifikasian sumber informasi sesuai
                                                        dengan wacana.
2.      Siswa dapat mencatat isi pokok informasi dan uraian lisan
       yang bersifat faktual, spesifik dan rinci.
                                                                                                                                                                                          
II. Materi Pembelajaran    : 1.  Pengertian informasi
                                            2.  Pengidentifikasian ciri-ciri sumber informasi
                                            3. Penjelasan sifat-sifat informasi (fakta, pemerian) berikut
       dengan contoh


 III. Metode Pembelajaran        :  1. Ceramah
2.Tanya jawab
3.Penugasan dan belajar mandiri



IV.  Kegiatan Pembelajaran
           
        A.Pendahuluan

       Tahap
           Kegiatan Guru
           Kegiatan Siswa
Waktu
Pelibatan
(Engegement)
-          Presensi
-          Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran dan
 menyampaikan  cakupan
materi yang akan
dibicarakan 

-          Guru menjelaskan tentang
pentingnya kemampuan 
menyimak sebagai dasar
untuk memperoleh
berbagai informasi yang
berguna dalam dunia
kerja dalam  kehidupan
sehari-hari  
     
-          Siswa mendengarkan
penjelasan guru sambil
mencermati modul sesuai dengan kompetensi dasar
10 menit
10    menit
B.     Kegiatan Inti

     Tahap
           Kegiatan Guru
           Kegiatan Siswa
Waktu
Eksplorasi
(Exploration)
-          Guru menjelaskan tentang
pengertian informasi,
pengidentifikasian  ciri-ciri sumber informasi,
  dan sifat-sifat  informasi                                                          ( fakta, pemerian), beserta
            contoh



-          Guru memperdengarkan
rekaman yang berisi
fakta atau bukan, dan
rekaman yang berisi
model penyajian yang
komunikatif untuk dijadikan pemerian yang
disajikan secara vertikal,

-          Guru menyuruh siswa
menyimak rekaman  tersebut, kemudian
menentukan fakta atau
bukan dan menulis model
penyajian komunikatif itu
ke bentuk pemerian yang
disajikan secara vertikal

-          Siswa menyimak informasi
untuk dapat memberikan
pengertian tentang          informasi,     mengidentifikasikan ciri-ciri
sumber informasi,
dan  sifat-sifat informasi
(fakta, pemerian), beserta
contoh

-          Siswa menyimak rekaman
yang berisi fakta atau
bukan,  rekaman yang
berisi model penyajian
komunikatif untuk
dijadikan pemerian yang
disajikan secara vertikal


-          Setelah menyimak rekaman
itu, kemudian siswa   menentukan
fakta atau bukan , dan
menyimak model penyajian
komunikatif itu, nantinya       ke akan diubah ke bentuk
pemerian yang disajikan
secara vertical
50 menit
 Elaborasi
(Elaboration)
                                                                              
-          Guru menyuruh siswa
mengerjakan hasil
simakan itu di buku LKS
pegangan siswa

-          Guru mengajak siswa
membicarakan hasil
rekaman itu, kemudian
menyuruh siswa
memperbaiki pekerjaannya
yang salah

-          Siswa mengerjakan hasil
rekaman itu di buku LKS



-          Siswa memperbaiki
pekerjaannya yang salah

 Konfirmasi
(Confirmation)
-          Guru menanyakan siswa
yang mengalami kesulitan
dalam menyimak dan
mengerjakan tugas-tugas
yang ada pada LKS,
kemudian membantu siswa
tersebut  menyelesaikan
masalahnya

-          Guru memotivasi siswa
untuk tetap mencoba dan
berperan aktif dalam proses
pembelajaran
                             
-          Siswa menyampaikan
kesulitannya dalam
menyimak, dan                 mengerjakan tugas-tugas
yang ada dalam LKS


C.     Penutup
    Tahap                            
           Kegiatan Guru
           Kegiatan Siswa
Waktu
Penilaian
(Asessment)
-          Untuk mengetahui
pemahaman siswa terhadap
materi yang sudah diajarkan,
guru memberikan  evaluasi
kepada siswa dalam bentuk
tes uraian      

-          Guru melaksakan
kegiatan tindak lanjut
      dengan jalan memberikan
tugas rumah kepada siswa
yang nilainya di bawah tuntas

-          Guru menyampaikan
rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya,
yang merupakan lanjutan
dari materi yang sudah     diajarkan
-             Siswa menjawab evaluasi
yang diberikan guru sesuai
dengan kemampuannya
dalam menyimak materi
yang sudah diajarkan


-          Siswa mencatat tugas yang
diberikan oleh guru,             kemudian
mengerjakannya di rumah


30 menit
        

V.  Sumber Belajar
1.      Rekaman
2.      Nara sumber
3.      Modul/ tingkat semenjana
4.      Kamus Besar Bahasa Indonesia


VI. Penilaian

1.      Teknik penilaian   : - tes tertulis

2.      Bentuk instrumen  : - soal uraian

      Soal  Uraian

 Jawablah dengan singkat, jelas tetapi tepat untuk soal-soal di bawah ini !   

1.      Sebutkan 5 (lima) ciri- ciri sumber informasi yang baik !

2.      Sebutkan 3(tiga) bentuk sumber informasi !

3.      Jika Anda menyimak suatu wacana, Anda akan mendapatkan informasi baik berupa fakta maupun bukan fakta (opini).
            Jelaskan pengertian informasi yang bersifat faktual, sebutkan pembagiannya dan             masing-  masing berikan sebuah contoh!

4.      Jelaskan pengertian informasi yang bersifat bukan fakta (opini), serta berikan sebuah contoh!

5.      Buatlah contoh pemerian yang ditulis secara vertikal !

                                              **********
      KUNCI  JAWABAN

1.      Lima ciri-ciri sumber informasi yang baik adalah :
1)      sumber informasi mudah didapat dan diperoleh oleh siapa saja;
2)      bentuknya dikenal, seperti cetakan, rekaman, atau audio-visual;
3)      jika berbentuk arsip atau dokumen, merupakan arsip yang resmi;
4)      diakuai keberadaannya;
5)      berisi informasi yang objektif, logis, dan faktual.

2.      Tiga bentuk sumber informasi :
            1)   media cetak, seperti buku,koran, majalah, tabloid, ensiklopedia, dan lain-lain;
            2)   media elektronik, seperti radio, televisi, internet;
3)   narasumber, seperti guru, orang tua, tokoh masyarakat, pakar ilmu pengetahuan, pemuka     agama, dan lain-lain.

3.       Informasi bersifat faktual adalah informasi yang berisi peristiwa nyata atau informasi yang    mengandung fakta-fakta yang nyata, logis, dan dapat dibuktikan.
      Pembagiannya :
1)         Fakta umum adalah fakta yang masih bersifat umum, belum terungkap secara detail.
    Contoh :-  Banjir di Jakarta merusak sebagian infrastruktur yang ada.

                 2)   Fakta khusus (spesifik) adalah fakta yang diungkapkan secara detail, baik nama, tepat,    maupun segala peristiwa-peristiwa.
                  Contoh : - Banjir di Jakarta merusak 300 rumah, 4 jembatan, dan tiga gedung milik pemerintah.                                               

4.      Informasi yang berupa bukan fakta (opini) adalah informasi berupa pendapat, gagasan, konsep, proses, asumsi, harapan atau pun khayalan.
            Contoh :-  Angka pengangguran di Indonesia merupakan masalah serius.

5.      Contoh pemerian yang ditulis secara vertikal.
            Masalah-masalah yang perlu mendapat perhatian serius adalah :
-                      pengangguran,
-                      kemiskinan
  -           penegakan hukum,
-                      korupsi, pungli, dan sebagainya.

**********








                 Aspek Penilaian

Nomor
Soal
                         Uraian
      Skor
     1
-          semua jawaban benar
-          benar empat
-          benar tiga
-          benar dua
-          benar satu
-          semua jawaban salah
          5
          4
          3
          2
          1
          0
     2
-          semua jawaban benar
-          benar dua
-          benar satu
-          semua jawaban salah
          3
          2
          1
          0
     3
-          semua jawaban benar
-          benar empat
-          benar tiga
-          benar dua
-          benar satu
-          semua jawaban salah
          5
          4
          3
          2
          1
          0
     4
-          jawaban benar
-          jawaban salah
          1
          0
     5
-          jawaban benar
-          jawaban salah
          1
          0



Jumlah skor maksimal adalah 15
Nilai maksimal 100

   
                               Skor Perolehan
Nilai siswa :       __________________   X   100
                               Skor Maksimal               


                      
                                   
                                                                              Denpasar, Agustus2011
       Guru Pamong                                                                                       Mahasiswi PPL





( Putu Asri Handayani,Spd)                                                          (Ida Ayu Made Putri Sugiari)      






                                                         Mengetahui 
                                             Kepala SMK PGRI 4 Denpasar




                                                (Drs.I Ketut Suarya, Mpd)                                 










Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar