RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X / 1 (satu)
Alokasi Waktu
: 2x 45 menit (1 x pertemuan)
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara
tingkat semenjana
Kompetensi
Dasar : 1.2 Menyimak untuk memahami informasi lisan
dalam konteks
bermasyarakat
Indikator : 1.
Pengidentifikasian sumber informasi sesuai dengan wacana
2. Pencatatan isi pokok informasi
dan uraian lisan yang bersifat
faktual,
spesifik dan rinci
I. Tujuan
Pembelajaran : 1.
Siswa dapat mengidentifikasian sumber informasi sesuai
dengan wacana.
2.
Siswa dapat mencatat isi pokok informasi dan uraian
lisan
yang bersifat faktual, spesifik dan
rinci.
II.
Materi Pembelajaran : 1. Pengertian informasi
2. Pengidentifikasian ciri-ciri sumber informasi
3. Penjelasan
sifat-sifat informasi (fakta, pemerian) berikut
dengan contoh
III. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2.Tanya
jawab
3.Penugasan
dan belajar mandiri
IV. Kegiatan Pembelajaran
A.Pendahuluan
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Pelibatan
(Engegement)
|
-
Presensi
-
Guru
menjelaskan tujuan
pembelajaran
dan
menyampaikan
cakupan
materi yang
akan
dibicarakan
-
Guru
menjelaskan tentang
pentingnya
kemampuan
menyimak
sebagai dasar
untuk
memperoleh
berbagai
informasi yang
berguna dalam
dunia
kerja
dalam kehidupan
sehari-hari
|
-
Siswa
mendengarkan
penjelasan guru sambil
mencermati modul sesuai dengan
kompetensi dasar
|
10
menit
10 menit
|
B.
Kegiatan Inti
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Eksplorasi
(Exploration)
|
-
Guru
menjelaskan tentang
pengertian informasi,
pengidentifikasian ciri-ciri sumber informasi,
dan
sifat-sifat informasi
( fakta, pemerian), beserta
contoh
-
Guru memperdengarkan
rekaman yang berisi
fakta atau bukan, dan
rekaman yang berisi
model penyajian yang
komunikatif untuk
dijadikan pemerian yang
disajikan secara
vertikal,
-
Guru menyuruh
siswa
menyimak rekaman tersebut, kemudian
menentukan fakta atau
bukan dan menulis
model
penyajian komunikatif
itu
ke bentuk pemerian
yang
disajikan secara
vertikal
|
-
Siswa menyimak
informasi
untuk dapat
memberikan
pengertian
tentang informasi, mengidentifikasikan ciri-ciri
sumber informasi,
dan sifat-sifat informasi
(fakta, pemerian),
beserta
contoh
-
Siswa menyimak
rekaman
yang berisi fakta
atau
bukan, rekaman yang
berisi model
penyajian
komunikatif untuk
dijadikan pemerian
yang
disajikan secara
vertikal
-
Setelah
menyimak rekaman
itu, kemudian
siswa menentukan
fakta atau bukan ,
dan
menyimak model
penyajian
komunikatif itu,
nantinya ke akan diubah ke bentuk
pemerian yang
disajikan
secara vertical
|
50 menit
|
Elaborasi
(Elaboration)
|
-
Guru menyuruh
siswa
mengerjakan hasil
simakan itu di buku
LKS
pegangan siswa
-
Guru mengajak
siswa
membicarakan hasil
rekaman itu, kemudian
menyuruh siswa
memperbaiki
pekerjaannya
yang salah
|
-
Siswa
mengerjakan hasil
rekaman itu di buku
LKS
-
Siswa
memperbaiki
pekerjaannya yang salah
|
|
Konfirmasi
(Confirmation)
|
-
Guru menanyakan
siswa
yang mengalami
kesulitan
dalam menyimak dan
mengerjakan
tugas-tugas
yang ada pada LKS,
kemudian membantu
siswa
tersebut menyelesaikan
masalahnya
-
Guru memotivasi
siswa
untuk tetap mencoba
dan
berperan aktif dalam
proses
pembelajaran
|
-
Siswa
menyampaikan
kesulitannya dalam
menyimak, dan mengerjakan tugas-tugas
yang ada dalam LKS
|
|
C.
Penutup
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Penilaian
(Asessment)
|
-
Untuk
mengetahui
pemahaman siswa terhadap
materi yang sudah diajarkan,
guru memberikan evaluasi
kepada siswa dalam bentuk
tes uraian
-
Guru melaksakan
kegiatan tindak lanjut
dengan jalan memberikan
tugas rumah kepada siswa
yang nilainya di bawah tuntas
-
Guru
menyampaikan
rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya,
yang merupakan lanjutan
dari materi yang sudah
diajarkan
|
-
Siswa menjawab evaluasi
yang diberikan guru
sesuai
dengan kemampuannya
dalam menyimak
materi
yang sudah
diajarkan
-
Siswa mencatat
tugas yang
diberikan oleh guru, kemudian
mengerjakannya di rumah
|
30 menit
|
V. Sumber
Belajar
1.
Rekaman
2.
Nara
sumber
3.
Modul/ tingkat semenjana
4.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
VI.
Penilaian
1.
Teknik penilaian
: - tes tertulis
2.
Bentuk instrumen
: - soal uraian
Soal Uraian
Jawablah dengan singkat, jelas tetapi tepat
untuk soal-soal di bawah ini !
1.
Sebutkan 5 (lima)
ciri- ciri sumber informasi yang baik !
2.
Sebutkan 3(tiga) bentuk sumber informasi !
3.
Jika Anda menyimak suatu wacana, Anda akan mendapatkan
informasi baik berupa fakta maupun bukan fakta (opini).
Jelaskan
pengertian informasi yang bersifat faktual, sebutkan pembagiannya dan masing- masing berikan sebuah contoh!
4.
Jelaskan pengertian informasi yang bersifat bukan fakta
(opini), serta berikan sebuah contoh!
5.
Buatlah contoh pemerian yang ditulis secara vertikal !
**********
KUNCI JAWABAN
1.
Lima
ciri-ciri sumber informasi yang baik adalah :
1)
sumber informasi mudah didapat dan diperoleh oleh siapa
saja;
2)
bentuknya dikenal, seperti cetakan, rekaman, atau
audio-visual;
3)
jika berbentuk arsip atau dokumen, merupakan arsip yang
resmi;
4)
diakuai keberadaannya;
5)
berisi informasi yang objektif, logis, dan faktual.
2.
Tiga bentuk sumber informasi :
1)
media cetak, seperti buku,koran, majalah, tabloid, ensiklopedia, dan
lain-lain;
2)
media elektronik, seperti radio, televisi, internet;
3) narasumber,
seperti guru, orang tua, tokoh masyarakat, pakar ilmu pengetahuan, pemuka agama, dan lain-lain.
3.
Informasi
bersifat faktual adalah informasi yang berisi peristiwa nyata atau informasi
yang mengandung fakta-fakta yang
nyata, logis, dan dapat dibuktikan.
Pembagiannya :
1)
Fakta umum adalah fakta yang masih bersifat umum, belum
terungkap secara detail.
Contoh :-
Banjir di Jakarta merusak sebagian infrastruktur yang ada.
2) Fakta khusus (spesifik)
adalah fakta yang diungkapkan secara detail, baik nama, tepat, maupun segala peristiwa-peristiwa.
Contoh : - Banjir di Jakarta
merusak 300 rumah, 4 jembatan, dan tiga gedung milik pemerintah.
4.
Informasi yang berupa bukan fakta (opini) adalah
informasi berupa pendapat, gagasan, konsep, proses, asumsi, harapan atau pun
khayalan.
Contoh :- Angka pengangguran di Indonesia
merupakan masalah serius.
5.
Contoh pemerian yang ditulis secara vertikal.
Masalah-masalah yang perlu mendapat
perhatian serius adalah :
-
pengangguran,
-
kemiskinan
- penegakan hukum,
-
korupsi, pungli, dan sebagainya.
**********
Aspek Penilaian
Nomor
Soal
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
-
semua jawaban
benar
-
benar empat
-
benar tiga
-
benar dua
-
benar satu
-
semua jawaban
salah
|
5
4
3
2
1
0
|
2
|
-
semua jawaban
benar
-
benar dua
-
benar satu
-
semua jawaban
salah
|
3
2
1
0
|
3
|
-
semua jawaban
benar
-
benar empat
-
benar tiga
-
benar dua
-
benar satu
-
semua jawaban
salah
|
5
4
3
2
1
0
|
4
|
-
jawaban benar
-
jawaban salah
|
1
0
|
5
|
-
jawaban benar
-
jawaban salah
|
1
0
|
Jumlah skor maksimal adalah 15
Nilai maksimal 100
Skor Perolehan
Nilai siswa : __________________ X
100
Skor
Maksimal
Denpasar,
Agustus2011
Guru Pamong
Mahasiswi PPL
( Putu Asri
Handayani,Spd)
(Ida Ayu Made Putri Sugiari)
Mengetahui
Kepala SMK PGRI 4 Denpasar
(Drs.I Ketut Suarya, Mpd)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar