RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas/
Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi :
1. Memahami dasar-dasar penggunaan
internet dan intranet.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan
pengertian dasar internet dan intranet. Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Menjelaskan pengertian internet dan Intranet
2. Menyebutkan kegunaan internet dan Intranet
3. Menjelaskan perbedaan internet dan intranet
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
· Pengertian internet dan Intranet
· Kegunaan internet dan Intranet
· Perbedaan internet dan intranet
C. METODE PEMBELAJARAN
· Studi
Pustaka, Diskusi, ceramah dan tanya jawab
· Pendekatan Model CTL
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Pendahuluan apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan tentang
kegunaan komputer
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang
internet/intranet.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari informasi dari media informasi lain tentang internet/intranet.
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang internet/intranet.
E. SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Buku paket dan media informasi lain.
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Menjelaskan pengertian:
-intranet
-internet
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian internet!
Jelaskan pengertian intranet!
|
Mengetahui,
Kepala SMP
NIP
Bumiayu,
Guru Mapel TIK
NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMP/MTs
...............
Mata
Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas/
Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan
internet/intranet.
Kompetensi Dasar : 1.2. Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di internet/intranet.
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
· Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet
· Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
· Dasar-dasar sistem jaringan internet
· Dasar-dasar sistem jaringan intranet
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi
dan motivasi :
· Menanyakan tentang pengertian internet/intranet.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan
intranet.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
Perpustakaan, buku paket dan media informasi lain.
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Menjelaskan dasar-dasar
sistem jaringan:
-internet
-intranet
Ø Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet
Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ...............
NIP
............ 20......
Guru Mapel TIK
NIP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMP/MTs
...............
Mata
Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1 . Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet.
Kompetensi Dasar : 1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses
internet.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1 TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
· Menjelaskan ukuran kecepatan akses
internet
· Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses
internet berdasarkan saluran yang digunakan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2 MATERI PEMBELAJARAN
· Ukuran kecepatan
akses
internet
3 METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill
4 LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama (2 x 40 menit) :
1.
Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang ukuran kecepatan akses internet.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta
didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta
didik berkompetisi secara sehat
untuk
meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F Menarik kesimpulan.
F Tugas
kliping tentang ukuran kecepatan akses internet.
Pertemuan kedua (2 x 40 menit) :
1.
Kegiatan Pendahuluan apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah hasil informasi tentang ukuran kecepatan akses internet dari kliping yang telah dibuat.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui
pemberian tugas, diskusi,
dan
lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi
secara
sehat untuk meningkatkan
prestasi
belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat
laporan
eksplorasi
yang
dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat
rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan
penilaian
dan/atau
refleksi
terhadap
kegiatan
yang sudah dilaksanakan
secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak
lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5 SUMBER PEMBELAJARAN
Buku paket dan media informasi lain.
6 PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Menjelaskan ukuran
kecepatan akses internet
Ø Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses
internet
|
Tes tertulis
Tes praktik
(kinerja)
|
Uraian/ pilihan ganda
Tes indentifikasi
|
Jelaskan ukuran kecepatan akses internet!
Indetifikasikan
ukuran kecepatan akses internet sesuai dengan
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
berdasarkan
saluran yang
digunakan
|
|
|
koneksi
internet yang tersedia!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ...............
NIP
............ 20......
Guru Mapel TIK
NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar