Rabu, 30 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) (TIK)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                        :     SMP
Mata Pelajaran                      :     Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas/  Semester           :                                              IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               :     1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet dan intranet.
Kompetensi Dasar                  :     1.1. Menjelaskan pengertian dasar internet dan intranet. Alokasi Waktu    :                                               1 x 40 menit

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1.  Menjelaskan pengertian internet dan Intranet
2.  Menyebutkan kegunaan internet dan Intranet
3.  Menjelaskan perbedaan internet dan intranet

v   Karakter siswa yang diharapkan :            Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  MATERI PEMBELAJARAN
·     Pengertian internet dan Intranet
·     Kegunaan internet dan Intranet
·     Perbedaan internet dan intranet

C.  METODE PEMBELAJARAN
·     Studi Pustaka, Diskusi, ceramah dan tanya jawab
·     Pendekatan Model CTL

D.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan apresiasi dan motivasi  :
·     Menanyakan tentang kegunaan komputer
·     Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang internet/intranet.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mencari informasi dari media informasi lain tentang internet/intranet.






F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas
Peserta didik membentuk kelompok diskusi

§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang internet/intranet.

E.  SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Buku paket dan media informasi lain.

F.   PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran


Indikator Pencapaian
Kompetensi

Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø   Menjelaskan pengertian:
-intranet
-internet
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan pengertian internet! Jelaskan pengertian intranet!




Mengetahui,
Kepala SMP





NIP

Bumiayu,
Guru Mapel TIK





NIP


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                   :      SMP/MTs ...............
Mata Pelajaran                 :      Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas/  Semester                                         :      IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi         :      1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet.

Kompetensi Dasar             :      1.2.   Mendeskripsikan   dasar-dasar   sistem   jaringan   di internet/intranet.

Alokasi Waktu                 :       1 x 40 menit



A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
·     Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet
·     Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet

v   Karakter siswa yang diharapkan :            Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  MATERI PEMBELAJARAN
·     Dasar-dasar sistem jaringan internet
·     Dasar-dasar sistem jaringan intranet

C.  METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill

D.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·     Menanyakan tentang pengertian internet/intranet.
·     Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.   Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.







§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas
Peserta didik membentuk kelompok diskusi

§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet.

E.  SUMBER PEMBELAJARAN
Perpustakaan, buku paket dan media informasi lain.

F.   PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran


Indikator Pencapaian
Kompetensi

Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø   Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet

Ø   Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet
Tes tertulis





Tes tertulis
Uraian





Uraian
Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet



Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ...............





NIP  

............ 20......
Guru Mapel TIK





 
NIP    









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama Sekolah                   :      SMP/MTs ...............

Mata Pelajaran                 :      Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas/  Semester :                                         IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi         :      1 . Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet. Kompetensi Dasar                                         :      1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses internet.
Alokasi Waktu                 :       2 x 40 menit



1      TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
·     Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet
·     Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan.

v   Karakter siswa yang diharapkan :            Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

2     MATERI PEMBELAJARAN
·     Ukuran kecepatan akses internet

3     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill

4     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama (2 x 40 menit) :
1. Kegiatan Pendahuluan apresiasi dan motivasi  :
·     Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.
·     Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang ukuran kecepatan akses internet.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§  Elaborasi


Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi  peserta  didik  melalui  pemberian  tugas,  diskusi,  dan  lain-lain  untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi   kesempatan  untuk  berpikir,   menganalisis,   menyelesaikan   masalah,  dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi  peserta  didik  berkompetisi  secara  sehat  untuk  meningkatkan  prestasi belajar;
F  memfasilitasi  peserta  didik  membuat  laporan  eksplorasi  yang  dilakukan  baik  lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang   menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menarik kesimpulan.
F  Tugas kliping tentang ukuran kecepatan akses internet.

Pertemuan kedua (2 x 40 menit) :
1.   Kegiatan Pendahuluan apresiasi dan motivasi  :
·     Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.
·     Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.   Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik menelaah hasil informasi tentang ukuran kecepatan akses internet dari kliping yang telah dibuat.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;







F  memfasilitasi  peserta  didik  melalui  pemberian  tugas,  diskusi,  dan  lain-lain  untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi   kesempatan  untuk  berpikir,   menganalisis,   menyelesaikan   masalah,  dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi  peserta  didik  berkompetisi  secara  sehat  untuk  meningkatkan  prestasi belajar;
F  memfasilitasi  peserta  didik  membuat  laporan  eksplorasi  yang  dilakukan  baik  lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang   menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama  dengan  peserta  didik  dan/atau  sendiri  membuat  rangkuman/simpulan pelajaran;
F  melakukan  penilaian  dan/atau  refleksi  terhadap  kegiatan  yang  sudah  dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan  kegiatan  tindak  lanjut  dalam  bentuk  pembelajaran  remedi,  program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

5     SUMBER PEMBELAJARAN
Buku paket dan media informasi lain.

6     PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran


Indikator Pencapaian
Kompetensi

Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø   Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet




Ø   Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet
Tes tertulis





Tes praktik
(kinerja)
Uraian/ pilihan ganda



Tes indentifikasi
Jelaskan ukuran kecepatan akses internet!




Indetifikasikan ukuran kecepatan akses internet sesuai dengan








Indikator Pencapaian
Kompetensi

Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
berdasarkan saluran yang
digunakan


koneksi internet yang tersedia!




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ...............





NIP

............ 20......
Guru Mapel TIK




 
NIP    










Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar