Rabu, 06 Juni 2012

TUGAS PROFESI GURU DALAM PENDIDIKAN


KATA PENGANTAR
Om swastyastu,

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang  Widhi Wasa, karena berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan paper yang berjudul “TUGAS PROFESI GURU DALAM PENDIDIKAN”.
Tanpa bantuan maupun dukungan dari berbagai pihak, kami sebagai mahasiswa yakin menulis ini tidak akan lancar, karena itu pada kesempatan yang baik ini kami gunakan untuk menyampaikan terima kasih atas bimbingan dari Dosen serta semua pihak yang telah mendukung kami.
Kami menyadari bahwa makalah  ini masih banyak kelemahannya. Oleh karena itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangat diharapkan untuk penyempurnaan paper kami.
Besar harapan kami semoga paper sederhana ini dapat memberi manfaat terhadap penambahan pengetahuan kita, khususnya mata kuliah umum.

Om santhi,santhi,santhi Om



                                                                                    Denpasar,    Juni 2010


i
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………i
DAFTAR ISI……………………………………………………………….ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1.Latar belakang…………………………………………………...1
1.2.Rumusan Masalah………………………………………………..1
1.3.Tujuan Penulis…………………………………………………....1
BAB II PEMBAHASAN
            2.1.Pengertian Profesi guru  ……..………………………………….2
            2.2.Pengertian Guru  Yang Profesional.………………………………3
BAB III PENUTUP
            3.1.Kesimpulan………………………………………………………8
            3.2.Saran…………………………………………………………......8
DAFTAR PUSTAKA




ii

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar belakang
Guru adalah kunci bagi anak- anak bias tumbuh. Tentunya misi ini sejalan dengan inisiatif pemerintah dan membangun kemitraan dengan tujuan memberikan system pendidikan berkualitas bagi Indonesia. Pendidikan sangat penting bagi kehidupan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Sifatnya mutlak dalam kehidupan, baik dalam k4ehidupan seseorang, keluarga, maupun bangsa dan Negara. Maju- mundurnya suatu bangsa banyak ditentukan oleh maju-mundurnya pendidikan bangsa itu. Mengingat sangat pentingnya bagi kehidupan, maka pendidikan harus dilaksanakaan sebaik-baiknya sehingga memperoleh hasil yang diharapkan.
Maka dari itu, disini kita akan mulai membahas tentang profesi guru dan guru yang professional

1.2.Rumusan masalah
a.       Apa yang dimaksud dengan profesi ?
b.      Apa yang dimaksud dengan guru yang professional ?

1.3.Tujuan
      a.   Untuk memenuhi tugas Profesi Pendidikan yang diberikan oleh dosen.
      b.  Agar mahasiswa mengetahui bagaimana seorang guru yang professional.


1
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN PROFESI
            Pada hakekatnya profesi merupakan suatu pernyataan atau suatu janji terbuka, yang menyatakan bahwa seseorang itu mengabdikan dirinya pada suatu jabatan atau pelayanan karena orang tersebut merasa terpanggil atau untuk menjabat pekerjaan itu. Mengenai istilah profesi ini Everett Hughes menjelaskan bahwa istilah profesi merupakan symbol dari suatu pekerjaan dan selanjutnya menjadi perbedaan itu sendiri. Chandler mencoba menerapkan cirri-ciri profesi tersebut kedalam bidang pendidikan.karena menurut pendapatnya guru merupakan suatu profesi yang memiliki cirri sebagai berikut :
1.      Mengutamakan layanan social lebih dari kepentingan pribadi yang memiliki status tinggi.
2.      Memiliki pengetahuan yang khusus dan kegiatan intelektual.
3.      Memiliki hak untuk memperoleh standar kualifikasi professional.
Menurut Robert Richey mengemukakan cirri-ciri guru sebagai suatu profesi yaitu sebagai berikut:
1.      Adanya komitmen dari para guru bahwa jabatan itu mengharuskan pengikutnya menjunjung tinggi martabat kemanusiaan lebih dari pada mencari keuntungan diri sendiri.
2.      Suatu profesi mensyaratkan orangnya mengikuti persiapan profesional dalam jangka waktu tertentu.
3.      Harus selalu menambah pengetahuan agar terus menerus tumbuh.
4.      Memiliki kode etik jabatan.
5.      Memiliki kemampuan intelektual untuk menjawab masalah-masalah yang dihadapi.
6.      Selalu ingin belajar terus-menerus mengenai bidang keahliannya yang ditekuni.

2

7.      Menjadi anggota dari suatu organisasi profesi
8.      Jabatan itu dipandang sebagai suatu karier hidup.
Seorang guru yang sungguh merasa terpanggil akan memandang jabatannya itu sebagai suatu karier ddan telah menyatu dalam jabatannya. Seorang ahli sosiolog pendidikan, Eric Hoyle dalam bukunya The Role Of The Teacher mengemukakan cirri-ciri guru sebagai suatu profesi yaitu sebagai berikut:
1.      Hakikat suatu profesi ialah bahwa seseorang itu lebih mengutamakan tugasnya sebagai suatu layanan social.
2.      Suatu profesi dilandasi dengan memiliki sejumlah pengetahuan yang sistematis.
3.      Suatu profesi punya otonomi yang tinggi.

Ciri-ciri profesi
Menurut artikel dalam internasional Encyclopedia Of Education, ada 10 ciri khas suatu profesi, yaitu :
1.      Suatu bidang pekerjaan yang terorganisir dari jenis intelektual yang terus berkembang dan diperluas.
2.      Suatu teknik intelektual
3.      Penerapan praktis dari teknik intelektual pada urusan praktis.
4.      Suatu periode panjang untuk pelatihan dan sertifikasi
5.      Beberapa standar dan pernyataan tentang etika yang dapat diselenggarakan.
6.      Kemampuan untuk kepemimpinan pada profesi sendiri.
7.      Asosiasi dari anggota profesi yang menjadi suatu kelompok yang erat dengan kualitas komunikasi yang tinggi antar anggotanya.
8.      Pengakuan sebagai profesi.
9.      Perhatian yang professional terhadap penggunaan yang bertanggung jawab dari pekerjaan profesi.
10.  Hubungan yang erat dengan profesi lain
3
Karakteristik profesi
            Profesi adalah pekerjaan, namun tidak semua pekerjaan adalah profesi. Profesi mempunyai karakteristik sendiri yang membedakannya dari pekerjaan lainnya. Daftar karakteristik ini tidak memuat semua karakteristik yang pernah diterapkan pada profesi, juga tidak semua cirri ini berlaku dalam setiap profesi :
1.      Keterampilan yang berdasar pada pengetahuan teoretis.
2.      Asosiasi  professional.
3.      Pendidikan yang ekstensif.
4.      Ujian kompetensi.
5.      Pelatihan konstitusional.
6.      Lisensi .
7.      Otonomi kerja.
8.      Kode etik.
9.      Mengatur diri.
10.  Layanan publik dan altruisme.
11.  Status dan imbalan yang tinggi.
Guru Sebagai Profesi
Guru adalah salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Dalam arti khusus dapat di katakan bahwa pada setiap diri guru itu terletak tanggung jawab untuk membawa para siswanya pada suatu kedewasaan atau taraf kematangan tertentu.  Dalam rangka ini guru tidak semata-mata sebagai pengajar yang melakukan transfer of knowledge tetapi jg sebagai pendidik yang melakukan transfer of values dan sekaligus sebagai pembimbing yang memberikan pengarahan dan menuntun siswa dalam belajar.


4
Persyaratan Guru
1.      Persyaratan Administratife
2.      Persyaratan Tekhnis
3.      Persyaratan Psikhis
4.      Persyaratan Fisik

2.2  PENGERTIAN PROFESIONAL
            Pada umumnya orang memberi arti yang sempit terhadap pengertian professional. Professional sering diartikan sebagai suatu ketrmpilan teknis yang dimiliki seseorang. Misalnya seorang guru dikatakan guru professional bila guru tersebut memiliki kualitas mengajar yang tinggi. Padahal pengertian profesional tidak sesempit itu,namun pengertiannya harus dapat dipandang dari tiga dimensi, yaitu : expert dan responsibility baik tanggungjawab intelektual maupun moral.
a.       Expert
Seorang guru bias di sebut ahlinya apabila tidak hanya menguasai isi pengajaran yang di ajarkan saja, tetapi juga mampu dalam menambahkan konsep mengenai pengetahuan yang di ajarkan dan mampu menyampaiakan pesan-pesan didik.
b.      Responsibility
Pengertian bertanggung jawab menurut teori ilmu mendidik mengandung arti bahwa seseorang mampu member pertanggung jawaban dan bersedia untuk di minta pertanggung jawabannya. Guru yang professional mempersiapkan diri sematang-mattangnya sebelum ia mengajar. Ia menguasai apa yang di ajarkannya dan bertanggung jawab atas semua yang di sampaikan dan bertanggung jawab atas segala tingkah lakunya.
Berbicara tentang guru yang professional berarti membicarakan tentang kualifikasi guru. Guru yang professional punya kualifikasi tertentu. Ada 2 kualifikasi yaitu :

5
a.       Kualifikasi Personal
Ada berbagai ungkapan untuk melukiskan kualifikasi personal guru di antaranya :
1.      Guru yang baik, baik di sini dalam artian memounyai sifat moral yang baik.
2.      Guru yang berhasil, seorang guru di katakan berhasil apabila ia di dalam mengajar dapat menunjukan kemampuannya sehingga tujuan-tujuan yang telah di tentukan dapat di capai oleh peserta didik.
3.      Guru yang efektif, yaitu apabila ia dapat mendayagunakan waktu dan tenaga yang sedikit tetapi dapat mencapai hasil yang banyak.
b.      Kualifikasi Profesional
Yang di maksud dengan kualifikasi professional, yaitu kemampuan melakukan tugas mengajar dan mendidik yang di peroleh melalui pendidikan dan latihan.
Guru Sebagai Tenaga Profesional
Menurut Westby dan Gibson cirri-ciri keprofesian di bidang kependidikan sebagai berikut :
a.       Di akui oleh masyarakat dan layanan yang hanya di pekerjakan oleh pekerja yang di kategorikan sebagai suatu profesi.
b.      Memiliki sekumpulan bidang ilmu pengetahuan sebagai landasan dari sejumlah tekhnik dan prosedur yang unik
c.       Di perlukan persiapan yang sengaja dan sistematis, sebelum orang itu dapat melaksanakan pekerjaan professional.
d.      Memiliki mekanisme untuk menyaring sehingga orang yang berkompeten saja yang di perbolehkan bekerja.
e.       Memiliki organisasi professional untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Pengetian Profesionalisasi
Profesionalisasi adalah suatu proses, pertumbuhan, perawatan dan pemeliharaan untuk mencapai tingkat profesi yang optimal. Apabila guru tidak berusaha menambah pengetahuan
6

 yang baru, maka materi sajian waktu mengajar maka “gersang”. Dalam usaha profesionalisasi ini ada 2 motif yaitu :
a.       Motif eksternal, yaitu pimpinan yang mendorong untuk mengikuti penataran, atau kegiatan-kegiatan akademik yang sejenis.
b.      Motif internal, yaitu dorongan dari diri guru itu sediri yang berusaha belajar terus-menerus untuk tumbuh dalam jabatannya.

Tugas Guru
1.      Tugas Personal
2.      Tugas Sosial
3.      Tugas Profesional
4.      Role of Teacher
5.      As Instructor
6.      As Consellor
7.      As Leader
8.      As Scientist
9.      As Person
10.  As Comunicator
11.  As Modernisator
12.  As Constructor  





7

BAB III
PENUTUP


3.1  KESIMPULAN
         1.Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap
             suatu pengetahuan khusus.
         2.Professional adalah suatu ketrampiilan teknis yang dimiliki seseorang.


3.2  SARAN 
                     1.Dengan dibuatnya paper ini para pembaca diharapkan mengetahui dan memahami
                        apa itu hak dan kewajiban.
   2.Agar mahasiswa mengetahui, memahami, dan melaksanakan hak dan kewajiban  
      sebagai warga negara dalam kehidupan sehari – hari.





8

DAFTAR PUSTAKA

1.      www.geogle.com
2.      Citrawan, I wayan.2006.Profesi Pendidikan.Denpasar.
































Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar